Lifestyle

Sudah Tahu Belum, Ini Loh Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan

Dwiwa

Posted on November 10th 2020

 

Anjing telah lama menjadi salah satu sahabat manusia. Tidak hanya dijadikan penjaga keamanan di rumah, anjing juga sering menjadi teman bagi majikannya untuk berjalan-jalan, bergelung di sofa, hingga membantu orang disabilitas beraktivitas.

Bukan hanya itu saja, ternyata anjing juga punya sejumlah manfaat loh untuk kesehatan kita. Mulai dari manfaat untuk kesehatan fisik bahkan juga mental. Nah kira-kira apa saja ya manfaatnya?

Dilansir dari Insider, berikut sejumlah keuntungan bagi kesehatan yang bakal kita dapat jika memelihara anjing di rumah.

1. Membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan

Sebuah tinjauan komprehensif terhadap penelitian yang diterbitkan antara 1950 hingga 2019 menunjukkan jika pemilik anjing (dan siapapun yang tinggal bersama anjing) memiliki respon yang lebih baik terhadap stres, tekanan darah  lebih rendah, dan umur yang lebih lama.

Pemilik anjing juga dikaitkan dengan insiden penyakit kardiovaskuler yang lebih rendah, serta membantu orang lebih cepat pulih dari operasi.

2. Anjing dapat membantu menjaga kesehatan jantung

Menurut Harvard Health, pemilik anjing memiliki kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah yang lebih rendah dibanding yang tidak memiliki anjing. Manfaat kesehatan ini menunjukkan bahwa menghabiskan waktu berkualitas bersama anjing dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

3. Pemilik anjing lebih banyak melakukan aktivitas fisik

“Anjing adalah teman olahraga terbaik! Bahkan jika anjing kalian hanya perlu jalan-jalan singkat beberapa kali sehari, mereka masih dapat mendorong kalian untuk lebih aktif secara fisik,” ujar Martin Goldstein, dokter hewan integrative dan penulis buku terlaris, yang juga dikenal sebagai Dr Marty.

Sebuah studi pada 2019 menemukan bahwa pemilik anjing hampir empat kali lebih mungkin memenuhi kebutuhan fisik harian daripada yang tidak. Pemilik anjing berjalan hampir 300 menit setiap minggu saat berada di luar bersama anjing mereka, itu 200 menit lebih lama daripada orang yang berjalan tanpa anjing.

4. Anjing membantu orang dengan gejala demensia

Sebuah penelitian 2011 menemukan bahwa orang dengan demensia yang berada di sekitar anjing mengalami lebih sedikit ledakan agresif dan penurunan detak jantung, yang menunjukkan efek menenangkan.

5. Anjing pemandu membantu orang kejang

Anjing pemandu bermanfaat bagi orang dengan epilepsi dengan memperingatkan mereka pada bahaya kejang yang akan datang, beberapa menit hingga jam sebelum terjadi. Peringatan anjing pemandu membantu pengidap epilepsi meminum obat penghambat kejang dan memberikan waktu untuk pergi ke tempat aman atau meminta bantuan jika diperlukan.

6. Anjing pemandu membantu para veteran dengan PTSD

Sebuah penelitian pada 2018 menunjukkan bahwa anjing membantu orang pulih secara psikologis dari trauma. Veteran militer dengan PTSD menjadi lebih baik, pikiran dan fisik ketika mereka memiliki anjing pemandu.

Para veteran ini memperlihatkan keterampilan mengatasi yang lebih dan lebih sedikit gejala PTSD. Anjing pemandu dapat juga menjadi psikiater, anjing pendengar untuk orang tuna rungu, anjing mobilitas, dan banyak lagi.

7. Anjing membantu mengurangi kesepian

Penelitian Australia pada 2019 menunjukkan bahwa pemilik anjing baru mengalami kesepian yang lebih sedikit dalam waktu tiga bulan. Ini mungkin salah satu alasan mengapa tempat penampungan hewan ini mengalami peningkatan adopsi anjing selama pandmei Covid-19 ketika lockdown dan anjuran diam di rumah mengurangi pertemuan sosial.

8. Anjing membuat kalian lebih bersosialisasi

Sekitar 40 persen pemilik hewan peliharaan lebih mudah mencari teman baru pada survei 2015. Peneliti menemukan jika pemilik hewan peliharaan lebih mengenal tetangga. Selain itu mereka juga lebih mungkin berteman dengan orang baru yang mereka temui saat bersosialisasi bersama anjing dibanding pemilik hewan peliharaan lainnya.

9. Anjing membuat lebih bahagia

Penelitian pada 2009 menunjukkan bahwa menatap mata anjing peliharaan meningkatkan kadar oksitosin. Dikenal juga sebagai hormon cinta, oksitosin membantu kalian menciptakan keterikatan, yang umumumnya membuat kalian lebih bahagia.

10. Anjing contoh yang baik untuk menjadi lebih sadar dan menikmati saat ini

Kesadaran adalah tindakan untuk hidup di saat ini, tidak memikirkan masa lalu atau mada depan, hanya menikmati apa yang terjadi sekarang. Menurut Harvard Health, anjing hebat dalam hidup di masa sekarang dan itu dapat membantu kalian melakukan hal yang sama.

Berjalan-jalan dengan anjing atau bahkan hanya melihat mereka yang aktif penuh semangat mengamati dunia sekitarnya dapat membantu kalian melakukan hal yang sama.

Nah itu tadi beberapa manfaat dari memilihara anjing. Tapi nih meski manfaatnya banyak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memelihara hewan berkaki empat ini.

Ada beberapa bahaya bagi orang tua atau mereka yang memiliki masalah keseimbangan. Sebab hewan ini dapat melompat ke arah kalian atau melintas di depan kaki yang dapat memicu terjadinya kecelakaan seperti jatuh atau patah tulang.

Selain itu, pemilik anjing juga harus mewaspadai terhadap kemungkinan penyakit zoonosis – penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Bakteri yang disebut campylobacter, yang dapat menyebabkan diare pada manusia, serta parasit seperti caing tambang atau cacing pita bisa menular dari anjing pada manusia.

Risiko lain adalah terjadinya penularan rabies. Karena itu, selalu vaksinasi rutin hewan peliharaan dan segera bawa ke dokter hewan jika mereka digigit anjing lain atau hewan liar. Selain itu, jika kalian memiliki asma alergi, konsultasikan lebih dulu pada dokter sebelum memelihara anjing ya. (*)

 

Related Articles
Lifestyle
Pelihara Anjing Terbukti Mendorong Kesehatan Mental Lebih Baik

Current Issues
Jangan cuma Rebahan, Gerak Yuk. Kata WHO, Segini Minimal Waktu Aktivitas Fisik

Lifestyle
Languishing: Keadaan Gak Baik-Baik Aja, tapi Juga Bukan Gangguan Mental