Korea

NCTzen Bela Teaser Album NCT Resonance Pt 2 yang Tuai Kontroversi

Delima Pangaribuan

Posted on November 9th 2020

(AllKpop)

Teaser album NCT 2020 RESONANCE Pt.2 menimbulkan polemik. Melansir Koreaboo, polemik itu muncul karena banyak warganet yang menilai teaser album part dua ini merupakan hasil plagiasi. Kok bisa?

Menurut warganet, konsep para member berdiri berjejer dengan beragam kostum dan background putih itu mirip banget sama kampanye sebuah brand fashion tahun 2020. Tepatnya dari brand SUNNEI, dalam program mereka SPRING SUMMER 2020 CAMPAIGN.

Bahkan, warganet jeli juga menemukan kalau salah satu member yakni Sungchan mengenakan baju yang sama persis dengan salah satu model dalam kampanye SUNNEI itu. Kaos lengan panjang cokelat muda dengan tulisan I Hate Fashion.

(AllKPop)

"Skema warna, pakaian, dan layout secara keseluruhan serta konsep... semua terlalu mirip. Dan beberapa shoot fashion random dalam 2020 S/S bukan sesuatu yang memang harus dihormati berlebihan, tapi bukan berarti bisa ditiru juga. Kalau ini bukan plagiarisme, lalu apa namanya?" komentar warganet seperti dikutip Koreaboo.

Sementara NCTzen alias Sijeuni menyebut bahwa konsep ini bukan sesuatu yang terlalu eksklusif sampai harus disebut sebagai plagiarisme. Mereka menilai kalau tema semacam ini adalah sesuatu yang sudah banyak diterapkan sebagai konsep retro, tidak bisa lantas disebut plagiarisme.

"Orang berdiri berbaris dengan susunan begitu adalah sesuatu yang amat sangat umum, aku tidak percaya ada orang yang menganggapnya plagiat," komentar seorang Sijeuni.

"Semua foto kelulusan SMA berarti memplagiat kampanye SUNNEI, dong. Tolong kalem. Dan mungkin pakaiannya terlihat sama karena brand itu memang jadi sponsornya (NCT), ya terus kita siapa bisa mengomentari?" komentar yang lain.

"NCT sudah melakukan foto grup seperti ini selama bertahun-tahun. Mungkin kelihatannya mirip kampanye SUNNEI karena orangnya sama-sama banyak. Semuanya memakai pakaian retro yang mirip. Tapi tetap saja ini tidak bisa disebut plagiat."

Gimana menurut kalian, Sijeuni? (*)

 

Artikel Terkait
Korea
Makin Rame, SM Bakal Debutkan Unit Baru NCT

Korea
Ini Profil Lengkap Dua Member Baru NCT 2020, Shotaro dan Sungchan

Korea
Taeyong NCT Rilis Lagu Solo Baru ‘Fine’, Galau Berat karena Gagal Move On