Korea

Tak Hanya Donasi, RM BTS juga Kirim Surat Tulisan Tangan ke Perpustakaan Umum!

Delya Oktovie Apsari

Posted on November 8th 2020

RM BTS. (Twitter)

 

Leader BTS, RM, memang dikenal sebagai salah satu idol K-Pop yang suka membaca buku. Ia juga kerap merekomendasikan buku-buku yang telah ia baca, supaya ARMY -- fans BTS -- bisa ikut membacanya.

Nah, untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-26 tahun pada 12 September kemarin, RM mengirimkan donasi sebesar 100 juta won, atau sekitar 1,3 miliar rupiah! Donasi tersebut ditujukan pada National Museum of Modern and Contemporary Art Korea Selatan.

 

National Museum of Modern and Contemporary Art Korea Selatan. (Arch Daily)

 

RM menjelaskan, donasi tersebut ia lakukan dengan tujuan "menyebarkan budaya membaca 'buku seni yang indah'". Donasi ini difokuskan pada buku-buku dari National Museum of Modern and Contemporary Art yang sulit ditemui, buku yang harus dipublikasikan ulang, serta buku yang didonasikan pada perpustakaan umum dan sekolah-sekolah di Korea.

Berkat donasi RM, National Museum of Modern and Contemporary Art mempublikasikan 4.000 kopi delapan buku untuk dijual di toko buku National Museum of Modern and Contemporary Art. Buku-buku tersebut bisa dibeli oleh siapa saja.

 

(Twitter @debora80)

 

Fans semakin jatuh cinta, setelah tahu bahwa di dalam paket buku yang didonasikan, mereka menemukan surat tulisan tangan dari pria bernama asli Kim Namjoon tersebat.

"Kami baru saja menerima paket ini di perpustakaan tempatku bekerja. Begitu aku melihat nama Namjoon, aku ingat bahwa dia berdonasi ke National Museum of Modern and Contemporary Art! Aku tidak percaya aku melihat hadiah darinya di kehidupan nyata. Aku merasa sangat terhormat dan bersyukur terhadap RM karena telah mengirimi kami hadiah berharga ini," tulis pengguna Twitter @debora80 seperti dilansir oleh Koreaboo.

Paket tersebut berisi delapan set buku, serta dua lembar surat. Surat pertama datang dari National Museum of Modern and Contemporary Art.

"Halo, kami adalah National Museum of Modern and Contemporary Art Cultural Foundation. Dengan senang hati kami mengirimi Anda delapan tipe buku yang dipublikasian oleh National Museum of Modern and Contemporary Art. Presentasi ini mungkin terjadi berkat dukungan dari RM BTS. Set ini terdiri dari buku dari tujuh seniman yang telah menerima banyak cinta dari masyarakat sekaligus satu buku dari National Museum of Modern and Contemporary Art.

Kami berharap (kedelapan buku) bisa dipajang dengan baik supaya banyak orang bisa mengapresiasinya. Kami telah memberikan informasi kami di bawah dan kami berharap Anda mengirimkan foto buku saat dipajang melalui e-mail. Sebagai tambahan, meski kami telah memberikan informasi pengiriman di awal, mohon kembalikan buku pada alamat di bawah bila Anda kesulitan menerimanya. Terima kasih."

Surat kedua, adalah surat hasil tulisan tangan dengan tanda nama 'Namjoon' di bagian bawahnya.

 

(Twitter @debora80)

 

"Sungguh, aku pikir tidak ada cara lebih mudah dan mendalam daripada (membaca) buku untuk mempelajari sesuatu. Aku pun, masih belajar dan berbicara dengan banyak seniman melalui buku dan terkadang, rasanya seakan mereka hidup dan berada tepat di sampingku. Aku berharap kalian menikmati buku-buku ini dan menerima kenyamanan serta inspirasi seperti (yang RM rasakan). Gambar-gambarnya tidak terlalu sulit, mereka sangat dekat dengan kita!"

Siapa, nih, yang setuju dengan RM? (*)

Related Articles
Interest
Luncurkan Video Edukasi, BTS Bakal "Ajari" ARMY Bahasa Korea

Entertainment
Ranking Idol Januari 2020 Diumumkan, Jimin BTS Bertahan di Peringkat 1

Entertainment
Pesan Haru BTS untuk ARMY di #HomeFest The Late Late Show with James Corden