Hobi

Pandemi Covid-19 Diprediksi Naikkan Pendapatan Bisnis Game Hingga 2023

Ahmad Redho Nugraha

Posted on November 7th 2020

Meski pandemi Covid-19 mengakhiri riwayat banyak bisnis, namun tidak demikian dengan bisnis video game. Pendapatan industri game tahun ini diduga meningkat hingga sebesar 20 persen menjadi USD 175 miliar (sekitar Rp 2.487 triliun).

Di tengah pandemi, fungsi video game kini telah bergeser. Dari sekedar menjadi sarana hiburan, menjadi media eskapisme bagi siapapun yang rindu bercengkerama dengan manusia lain, namun dihambat oleh pandemi. Contoh game yang paling cocok merepresentasikan hal ini adalah game multiplayer seperti Fall Guys dan Among Us yang jumlah pemainnya meroket belakangan ini.

Newzoo adalah lembaga pencatat insight yang mengawasi tren pertumbuhan industri game di 2020. Newzoo optimis 2020 akan menjadi tahun permulaan yang baik bagi bangkitnya usaha di bidang gaming. Mereka memprediksi jika laju pendapatan industri game tetap sebaik saat ini, maka industri game mungkin akan mampu mencetak pendapatan hingga USD 218 miliar (sekitar Rp 3.098 triliun) pada 2023. Prediksi ini tak berlebihan mengingat ramalan mereka tentang pendapatan perusahaan game pada tahun ini sudah terlampaui hingga USD 16 miliar (sekitar Rp 227,5 triliun).

Hampir separuh pendapatan industri game pada tahun 2020 berasal dari subsektor mobile gaming. Tom Wijman dari Newzoo mengatakan jika penggunaan smartphone yang universal menyebabkan semua orang lebih bisa mengakses game mobile dengan lebih mudah.

Meski demikian, Newzoo juga memprediksi akan terjadi 21 persen kenaikan pendapatan dari industri game konsol, karena keterjaungkauannya yang cukup mudah bagi banyak pihak.

Selain itu, produsen game konsol juga biasanya dibekingi oleh anggaran pemasaran yang besar. Contohnya saat ini telah terjadi pada tren penjualan Nintendo yang kini mengalami peningkatan hingga 209 persen berkat kepopuleran Nintendo Switch.

"Kami menduga pendapatan (game) konsol akan lebih rendah karena perilisan konsol generasi terbaru dalam waktu dekat. Namun pandemi justru membuat keadaan menjadi sebaliknya," demikian tulis Wijman dalam laporannya.(*)

Related Articles
Hobi
Microsoft: XBox Series X akan Diluncurkan November 2020

Hobi
Pembuat Suikoden akan Garap Game Baru, Namanya Eiyuden Chronicle

Hobi
Riset Ini Buktikan Jika Pemain XBox Lebih Toxic daripada Pemain PlayStation