Tech

WhatsApp Bakal Rilis Fitur Pesan Menghilang, Cocok Buat Bicarain Rahasia

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 6th 2020

(The Verge)

Siapa nih yang suka bicarain orang alias bergosip? Biar keamanan pembicaraan makin aman, aplikasi chat WhatsApp bakal merilis fitur pesan menghilang di bulan ini. Pilihan pesan menghilang ini bisa diaktifkan kita aktifkan di chat pribadi atau oleh admin grup. Kalau sudah diaktifkan, chat yang terjadi setelah itu akan terhapus secara otomatis setelah tujuh hari.

Perhitungan tujuh hari akan berjalan entah chat tersebut dibaca atau nggak. Mungkin cocok nih ya buat yang mau menyatakan perasaan tapi tertolak. Ehm, kalau ditolak kan pesannya otomatis hilang setelah tujuh hari~

Dilansir dari The Verge, batas waktu tujuh hari ini dipilih agar kita masih ingat apa yang kita bicarakan sebelum terhapus. ”Misalnya daftar belanjaan beberapa hari yang lalu bakal tetap ada pas kita butuh, tapi bakal hilang ketika sudah tidak diperlukan,“ ujar juru bicara WhatsApp.

Fitur pesan menghilang ini juga akan menghapus foto dan video yang dikirim. Tapi, kalau file tersebut sudah diunduh ke galeri, nggak bakal ikut hilang.

Tapi ingat, pesan menghilang ini masih bisa di-capture. Kalau diteruskan ke kontak lain dan tidak mengaktifkan fitur pesan menghilang, pesan tersebut tidak akan hilang.

Fitur ini bakal diterima semua perangkat, mulai dari Android, iOS, dan desktop. WhatsApp via web juga bisa mengaktifkan fitur ini.

Caranya gampang, tinggal klik nama kontak atau grup, scroll ke bawah, pilih disappearing message. Di sana kita bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur jika sudah tidak diperlukan. Asyik, bakal lebih aman nih kalau lagi menyiapkan kejutan atau pembicaraan rahasia lain~

Sebelumnya, pesan langsung Instagram juga sudah punya fitur ini, bersamaan sama deretan fitur baru lain setelah terintegrasi dengan Messenger. (*)

 

Related Articles
Tech
Kini Lebih Mudah Temukan File di WhatsApp dengan Advanced Search

Tech
Facebook Luncurkan CatchUp, Aplikasi Khusus Untuk Telepon

Tech
Rilis Tab Facebook Shop demi Dukung Usaha Kecil