Tech

Keren, Begini Penampakan Mobil Terbang Saat Uji Lepas Landas

Dwiwa

Posted on November 4th 2020

(KleinVision)

Kehidupan futuristik yang selama ini sering kita lihat di film-film science fiction sebentar lagi bakal benar-benar ada di dunia nyata. Setelah dikembangkan selama bertahun-tahun, mobil terbang akhirnya lepas landas.

Dilansir dari Dailymail, sebuah mobil terbang yang dikembangkan oleh perusahaan Slovakia KleinVision telah melakukan uji coba terbang. Kendaraan futuristik ini hanya membutuhkan waktu tiga menit berpindah dari jalanan untuk kemudian terbang di ketinggian 1.500 kaki.

Ini merupakan prototipe kelima dari mobil terbang . Menurut perusahaan tersebut, kendaraan ini sangat cocok untuk perjalanan santai dan dikemudikan sendiri. Sebagai layanan taksi pun juga menjanjikan.

Menurut pengembangnya, mereka telah melakukan dua uji terbang 1.500 kaki di Bandara Piestany Slovakia minggu lalu. Sebuah langkah yang membuatnya semakin dekat dengan penerbangan komersial.

Didesain oleh Profesor Stefan Klein, AirCar telah berhasil melakukan dua kali lepas landas dan pendaratan dengan aman saat uji terbang. Mobil terbang ini ditenagai oleh mesin BMW 1,6 l dengan output tenaga efektif 140 HP dan perkiraan jarak tempuh 621 mil.

Sebagai sebuah mobil, kendaraan ini memiliki bobot 2.425 lb dan dapat membawa penumpang hingga 440 lb dalam setiap penerbangan. AirCar memiliki sayap yang membentang dan baling-baling tunggal di belakang. Sayap akan terlipat ketika mobil berada di jalanan dan diparkir di tempat parkir biasa.

“Mekanisme pembukaan/penarikan sayap dan ekor sangat mengesankan, mengubah mobil menjadi pesawat terbang. Kokpit memiliki area luas yang nyaman dan bergaya untuk pengemudi/pilot dan penumpang. Tampilan keseluruhan dari mobil terbang di jalanan dan di udara keren,” ujar Dr Branko Sarh, mantan ahli Boeing.

Meski hal ini memberikan angin segar untuk produksi secara komersil, mereka harus lebih dulu melewati serangkaian pengujian yang harus diselesaikan untuk mendapat ijin. Rencananya, ketika semua sudah dilewati dengan baik, akan ada penyesuaian pesawat dengan mesin yang lebih bertenaga dan berharap bisa dipasarkan dalam waktu enam bulan ke depan.

Sejumlah pembeli pun dikabarkan telah menunjukkan ketertarikan terhadap kendaraan futuristik ini. Sayangnya, masih belum ada bocoran harga berapa banyak uang yang harus digelontorkan untuk membawa pulang mobil canggih tersebut.

Bagaimana, kalian berminat untuk menjadi salah satu pemilik pertama di Indonesia?

Related Articles
Tech
Tiongkok Luncurkan Prototipe Kereta Terbang Berkecepatan 620 Km per Jam

Tech
Tak Perlu Dipencet, Alarm.com Kenalkan Bel Pintu Video Tanpa Sentuh

Tech
Vivo Hadirkan Teknologi Gimbal di Seri X50, Bikin Foto Gak Gampang Goyang