Tech

WhatsApp Permudah Kita Bersihin File Dengan Manajemen Penyimpanan Terbaru

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 4th 2020

Kayak(WhatsApp)

Suka forward dokumen atau video-video lucu di WhatsApp? Sadar atau nggak, file yang dikirim berulang kali ini memakan ruang cukup banyak lho kalau gak dihapus secara rutin.

Nah, baru-baru ini, aplikasi yang dimiliki oleh Facebook tersebut mengenalkan fitur manajemen penyimpanan terbaru mereka yang memungkinkan kita menghapus file tak terpakai dengan cepat dan mudah.

Fitur ini bisa ditemukan di Pengaturan > Penyimpanan dan Data > Manajemen Penyimpanan. Atau kalau memori kita penuh, bakal ada notifikasi di bagian atas untuk membersihkan file. Di sana kita bisa lihat file dengan berbagai kategori yang memudahkan kita memilah mana yang perlu dihapus.

Ada kategori “diforward berulang kali”, “berukuran lebih besar dari 5MB”, dan ukuran MB dari total file yang dikirim ke setiap kontak.

(WhatsApp)

Memang sih manajemen penyimpanan di WhatsApp saat ini sudah ada. Tapi, fitur terdahulu ini hanya menampilkan ukuran file masing-masing chat dan jumlah foto, GIF, dan video. Kita bisa hapus file per kategori, tanpa tahu apa aja yang kita hapus. Jangan-jangan chat bukti penting malah terhapus kan repot tuh.

(WhatsApp)

Nah di pembaruan ini, kita bisa lihat thumbnail dari file yang mau dihapus, jadi bisa lebih gampang deh melihat mana yang jangan sampai terhapus. Misalnya kayak capture bukti janji manis dari mantan atau gebetan. Penting tuh.

Buat yang suka terima video GIF ucapan “selamat pagi”, video-video kocak, atau video motivasi, fitur ini bakal berguna banget deh.

Selain fitur manajemen penyimpanan, WhatsApp juga bakal merilis fitur telepon dan video call untuk WhatsApp versi web. Selain itu, WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur agar kita bisa menggunakan satu akun di beberapa perangkat tanpa perlu terhubung internet. Saat ini kalau menghubungkan akun WhatsApp kan kita masih perlu tersambung dengan internet untuk mengaksesnya secara real time. (*)

Related Articles
Tech
WhatsApp Bakal Rilis Fitur Pesan Menghilang, Cocok Buat Bicarain Rahasia

Tech
WhatsApp Bakal Rilis Fitur Call dan Video Call Grup untuk Versi Web dan PC

Tech
Kini Lebih Mudah Temukan File di WhatsApp dengan Advanced Search