Entertainment

Akhirnya! Taylor Swift Bisa Bebas Rekam Ulang Album Lamanya Setelah Banyak Drama

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 3rd 2020


(Dave Hogan/ABA/Getty Images)

Swifties, kabar baik buat kalian semua. Taylor Swift akhirnya miliki master musik untuk lima album terdahulunya setelah sekian lama dipegang oleh Scooter Braun. Ini artinya pelantun Love Story ini bebas melakukan apapun terhadap musiknya dan punya kontrol penuh dan bisa menerima keuntungan dari musiknya sendiri dengan layak.

Sebelum hari Minggu (1/11) lalu, master album Taylor Swift, Fearless, Speak Now, Red, dan 1989 masih dimiliki oleh Scooter Braun, manajer dari Justin Bieber, Ariana Grande, dan deretan selebriti lain. Master kelima album tersebut dijual bersamaan dengan label musik Big Machine Records oleh Scott Borchetta, manajer lama Taylor Swift.

Master album sendiri adalah hak lisensi terhadap musik tersebut dan pemilik dari master tersebut berhak melakukan apapun terhadap karya musik. Bebas mau diapakan deh karya tersebut dan keuntungannya masuk ke pemilik master tersebut.

Misalnya di bulan April lalu, album berisi penampilan konser yang berjudul Live From Clear Channel Stripped 2008 dirilis tanpa persetujuan Taylor Swift.

Akhirnya setelah sekitar satu tahun menerima kenyataan pahit tersebut, Taylor akhirnya memiliki kelima albumnya sendiri, seperti yang tertulis di kontrak miliknya. Nah, album pertama sampai kelima ini bisa direkam ulang deh untuk menandakan kepemilikan album sudah berpindah tangan. Siap-siap deh streaming sambil flashback ke musik lama Taylor Swift!


Meme album Taylor Swift yang akhirnya dipegang oleh sang bintang sendiri! (Twitter @mytearsdynasty)

Album pertama sampai kelima sudah di tangan. Album ketujuh, Lover dan kedelapan, Folklore sudah jadi milik Taylor Swift sendiri. Album keenam, Reputation, nasibnya gimana dong?

Sayangnya untuk merekam ulang suatu album, butuh waktu minimal lima tahun setelah pertama kali dirilis baru bisa dilakukan. Jadi, Reputation bakal bisa direkam ulang di tahun 2022.(*)

Related Articles
Entertainment
Posting Kontrak Hingga Kencingi Piala Grammy, Kanye West Bikin Ramai Jagat Maya

Entertainment
Kaget Master Lima Albumnya Dijual Lagi, Taylor Swift Pilih Ambil Jalan Ini

Entertainment
Taylor Swift Rayakan Akhir 2020 dengan Berbagai Keanehan