Hobi

IFeL 2020: Arema FC Perkasa, PSIS dan Persik Tak Lolos ke Grand Final

Dika Afandi N

Posted on November 2nd 2020

Indonesian Football e-League (IFel) 2020 sudah menyelesaikan babak Reguler League. Pada pekan ke-8, semua tim berusaha mencari poin penuh. Mereka tak ingin tersisih dari perebutan tiket ke Grand Final.

Nah, salah satu laga seru di pekan ke-8 terjadi di hari kedua (day 2). Yakni saat Arema FC menghadapi PSIS Semarang. Arema FC yang dimotori Ferry Gumilang berusaha mendapatkan poin penuh untuk mengukuhkan posisinya di puncak klasemen. Sementara Setia Widianto berusaha keluar dari jurang zona degradasi agar bisa mendapatkan satu tiket ke Grand Final.

Pada match pertama Setia Widianto sempat tertinggal 2-1 dari Ferry Gumilang. Tetapi pada akhir pertandingan Widi berhasil comeback. Ia membalikkan keadaan dan menang dengan skor 4-2. Sayangnya, penampilan Widi tak berhasil konsisten. Di match kedua Widi harus bertekuk lutut kepada Ferry. Ia harus mengakui kekalahan 3-2. 

Dengan hasil ini Ferry berhasil mengukuhkan Arema FC di puncak klasemen IFeL 2020. Arema pun otomatis lolos ke Grand Final. Sementara Setia Widianto harus mengucapkan selamat tinggal. Langkah PSSI terpaksa terhenti karena tak mampu keluar dari zona degradasi.

Laga lain yang tak kalah seru adalah derby Kalimantan, yang mempertemukan Borneo FC dan Barito Putera. Adhie Q-Wasg yang memainkan Borneo FC menghadapi Rommy Hadiwijaya dari Barito Putera. Laga pertama ditutup dengan hasil 4-2 untuk kemenangan Rommy HW. Namun di game kedua, Adhie QwaSG membawa Pesut Etam meraih poin krusial dan mencatat kemenangan tipis 2-1. 

Sementara itu, di laga lain Rizal 'Ivander' dari Persija Jakarta berhasil menaklukkan juru kunci klasemen Lucky Maarif dari Persik Kediri. Pada game pertama, mantan pemain PES dari BG Pathum United ini unggul dengan skor telak 3-0. Dan di game kedua, Ivander kembali berhasil memetik kemenangan dengan skor 2-1.

Dengan hasil ini Ivander naik ke posisi runner-up. Sebelumnya pada pekan ke-8 hari pertama, Persija sempat turun ke posisi ketiga. Sementara, Lucky Maarif harus berlapang dada. Berjuangannya di PES 2020 harus berakhir karena Persik menjadi juru kunci klasemen.

Pada pekan ke-8 ini ada 8 tim yang berhak melaju ke Grand Final. Dengan total peserta 10 tim, berarti hanya 2 tim yang tak mendapatkan tempat di Grand Final. Dua tim itu adalah PSIS Semarang (posisi ke-9) dan Persik Kediri (posisi ke-10). Sementara tim yang lolos adalah Arema FC (posisi 1), Persija (2), Persita Tangerang (3), PSS (4), Borneo FC (5), Madura United (6), Barito Putera (7), dan PSM (8). Grand Final akan dihelat 14-15 November mendatang. 

Hingga Regular League berakhir Ferry Gumilang masih menduduki posisi top skor. Ia mengemas 60 gol. Disusul berikutnya Elul Wibowo (Persita, 47 gol), Rizky Faidan (PSS, 42 gol), Rizal Ivander (Persija, 39), dan Rommy Hadiwijaya (Barito Putera, 39).(*)

Artikel Terkait
Hobi
IFeL 2020: Arema Gemilang di Tangan Ferry Gumilang

Hobi
Comeback, PSS Juarai IFeL 2020

Hobi
Arema FC Kokoh di Puncak Klasemen IFeL 2020