Lifestyle

Suka Sakit Kepala Habis Bangun Tidur? Perhatikan Kamu Tidur Seberapa Lama

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 1st 2020

(stories via Freepik)

Tidur. Satu kegiatan wajib biar tubuh kita tetap berfungsi normal, tapi paling sering disepelekan. Entah kita mengacaukan jam tidur karena begadang scrolling TikTok, memangkas durasi tidur karena mau belajar subuh-subuh, atau justru terlalu banyak tidur karena selama pandemi nggak perlu ke luar untuk berkegiatan.

Nah, kalau belakangan kamu rutin tidur lebih dari durasi normal, bisa jadi sehabis bangun mulai ada serangan sakit kepala yang biasanya gak pernah dirasakan. Kok bisa sih tidur lama bikin kita sakit kepala?

Dilansir dari PopSugar, ternyata, di tubuh kita ada yang namanya serotonin. Senyawa ini berperan dalam membantu tubuh kita tahu kapan harus bangun dan tidur.

Terlalu lama tidur mengganggu jumlah serotonin di dalam tubuh kita. Mangkanya sakit kepala muncul. Bukan cuma itu, serotonin yang disebut hormon bahagia juga berperan besar dalam mood kita, sehingga berhubungan erat dengan gangguan kecemasan dan depresi.

Selain itu, tidur berlebihan juga menyerap lebih banyak makanan dan air dalam tubuh, sehingga mengakibatkan sakit kepala.

Nah, gimana dong caranya biar kita terhindar dari sakit kepala karena masalah tidur ini?

Yang pasti kita harus tidur dengan jumlah yang pas, sekitar 8-9 jam untuk usia remaja. Jangan kurang, jangan juga berlebihan. Perhatikan juga jam tidur, pastikan nggak terlalu larut.

Selain jam tidur, perhatikan juga jam bangun. Usahakan selalu tidur dan bangun di jam yang sama agar siklus tidur tubuh tetap sehat. Jadwal tidur itu penting. Kalau sudah jamnya untuk bangun, buka mata dan jangan sampai tidur lagi. Gak perlu langsung berkegiatan, yang penting jangan tidur lagi.

Hindari juga minum kopi di siang sampai sore hari. Es kopi memang enak, tapi susah tidur dan sakit kepala di pagi hari itu lebih gak enak lagi. Kalau bisa, ruang tidurmu benar-benar ruang tidur untuk beristirahat, bukan sekaligus tempat kamu mengerjakan banyak hal atau menonton TV.

Jangan sampai pas tidur terus menghadap ke meja belajar, teringat ada tugas yang belum selesai atau nanggung sedikit lagi beres. Bisa-bisa malah panik dan bangun, begadang nugas lagi. Lingkungan tempat tidur yang kurang oke bisa mengganggu tidur lho.

Kalau kamu masih suka sakit kepala setelah bangun tidur padahal siklus tidur kamu sudah normal, segera periksa ke dokter ya. Mungkin ada gangguan mood, saraf, atau kondisi kesehatan lain yang perlu ditangani.(*)

Related Articles
Lifestyle
Ini Loh Posisi Tidur yang Disebut Pakar Medis Paling Buruk

Lifestyle
Nocturnal Panic Attack, Serangan Panik yang Bikin Ketakutan dan Tidur Terganggu

Lifestyle
Revenge Bedtime Procrastination, Alasan Susah Tidur di Malam Hari