Interest

Tiga TikToker Melawan, Pemblokiran Tahap Dua di AS Ditunda

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 31st 2020

(James Martin/CNET)

Setelah resmi diblokir pada 14 Agustus lalu, TikTok di Amerika Serikat perlahan mulai disingkirkan oleh pemerintah setempat. Tentunya banyak pihak yang gak terima sama keputusan pemblokiran ini dan melakukan perlawanan.

Perjuangan ini dilakukan beberapa kreator TikTok, Douglas Marland, Cosette Rinab, and Alec Chambers, yang berhasil membuat pemblokiran tahap kedua ditunda.

Tahap pertama yaitu membuat aplikasi tersebut tidak bisa lagi diunduh, sudah dilakukan sebulan lalu. Tahap selanjutnya adalah memblokir layanan hosting internet atau layanan jaringan lain agar TikTok tidak bisa berjalan di negara tersebut. Pengguna nggak bisa mengunggah atau melihat konten karena semua pengantaran konten dicegah. Benar-benar diblokir biar gak bisa dipakai gitu deh.

Tahap kedua tersebut direncanakan akan dilakukan pada 12 November mendatang. Namun, berkat perjuangan tiga pengguna TikTok tersebut, hakim federal di Pennsylvania menyatakan banding untuk menolak pemblokiran aplikasi tersebut.

Ketiga pengguna tersebut mengatakan kalau pemblokiran TikTok akan merampas mata pencaharian mereka. Memang, masing-masing dari mereka punya lebih dari satu juta followers dan pastinya menerima banyak tawaran sponsor atau endorsement.

Ini bukan kali pertama hakim federal menolak pemblokiran TikTok. Sebelumnya hakim di Washington D.C.  juga menentang pemblokiran yang seharusnya menghilangkan aplikasi video singkat tersebut dari app store milik Apple dan Google.

Pemerintah AS sendiri memutuskan untuk memblokir TikTok karena dianggap mengancam keamanan nasional dengan mengirimkan data tentang negeri Paman Sam tersebut ke China.

Departemen kehakiman belum mengambil sikap atas banding terbaru ini . Sepertinya bakal nggak mudah nih menghilangkan TikTok dari kehidupan masyarakat Amerika Serikat. Negara lain yang sempat memblokir aplikasi buatan ByteDance tersebut adalah Pakistan, namun akhirnya blokir tersebut dicabut. Amerika bakal begini juga nggak ya? (*)

Related Articles
Tech
Batas Penjualan TikTok di AS Diperpanjang (Lagi), Drama Bisa Makin Panjang Nih

Interest
Bella Poarch Bakal Geser Addison Rae dari Posisi Ketiga Followers Terbanyak

Entertainment
Bella Poarch Masuk Billboard Hot 100 dengan “Build a Bitch” yang Memang Catchy