Tech

Akhirnya Google Meet Rilis Fitur Virtual Background, Berusaha Mengejar Zoom

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 31st 2020

(Google)

Siapa nih yang belajar daringnya suka lewat Google Meet? Nah, aplikasi video konferensi satu ini bakal merilis sebuah fitur yang sudah lama dimiliki saingannya, Zoom, yaitu virtual background atau custom background. Fitur ini memungkinkan kita buat mengganti latar belakang kita menjadi gambar pilihan. Jadi, tampilan kita bakal lebih oke.

Custom background bakal tersedia untuk semua perangkat, namun pengguna Windows, Chrome OS, dan Mac melalui browser Chrome dahulu yang akan dapat pembaruan ini. Buat pengguna aplikasi Google Meet di ponsel, sabar dulu ya. Fitur ini bakal ada namun masih coming soon.

Nah, fitur ini bakal memudahkan banget deh buat kamu yang mau menutupi kamar berantakan atau perlu menunjukkan identitas institusi atau organisasi. Kan biasanya ada tuh virtual background untuk lomba atau kepanitiaan tertentu. Nggak perlu aplikasi atau extension apapun, fitur ini bakal muncul dengan sendirinya di Google Meet kamu.

Google menyediakan beberapa background pilihan, seperti gambar kantor, pemandangan, atau ilustrasi abstrak. Tapi kita juga bisa upload gambar pilihan sendiri.

Cara mengganti background ini cukup mudah dan mirip seperti mengaktifkan background buram (blur) yang sebelumnya sudah dirilis Google. Pertama kita harus mengaktifkan hardware acceleration di Chrome. Setelah selesai, pilih rapat yang mau dihadiri.

Kalau kita sudah menerima fitur ini, bakal muncul logo kecil di pojok kanan video preview sebelum masuk ke rapat. Klik logo tersebut dan pilih background yang diinginkan. Mengganti background juga bisa dilakukan di dalam rapat dengan cara klik titik tiga di kanan bawah lalu pilih change background.

Ganti background di luar rapat (Google)

Ingat, fitur blur atau ganti background memakan banyak tenaga komputer, jadi jangan heran kalau perangkat kamu cepat panas atau jadi lemot. Beberapa perangkat juga gak bisa mengaktifkan fitur ini karena spek yang kurang mumpuni. Selengkapnya baca di blog Google ini deh.

Ganti background di dalam rapat (Google)

Walaupun sudah dirilis resmi sejak Jumat (30/10) lalu, kemungkinan nggak semua pengguna langsung mendapatkannya. Biasanya Google butuh waktu hingga 7-14 hari untuk meluncurkan fitur baru ke semua pengguna. Buat kamu yang belum dapat, rajin-rajin cek Google Meet ya! (*)

Related Articles
Tech
Cegah “Zoombombing”, Google Meet Pasang Fitur Keamanan Kelas Online

Tech
Pesaing Zoom, Facebook Messenger Rooms Telah Hadir di AS dan Kanada

Tech
Meski Diblokir di AS dan India, TikTok Terbanyak Diunduh di Dunia Selama Agustus