Entertainment

Ariana Rilis Album ‘Positions’, Gaya Musik Baru dan Kenangan tentang Mantan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 30th 2020

(Dave Meyers)

Arinators pasti lagi bahagia banget nih karena album terbaru Ariana Grande, Positions, akhirnya rilis juga! Setelah minggu lalu merilis lagu utama dari album ini, bintang pop satu ini kembali memanjakan telinga kita lagi dengan musiknya yang kece abis.

Berisi 14 lagu, album Positions menampilkan sisi musik Ariana Grande yang agak berbeda dari album-album sebelumnya. Album kali ini punya suasana yang lebih tenang secara musiknya dengan sedikit vibes teatrikal di beberapa lagu. Yang jelas, nada tinggi dan permainan nadanya bikin kita merinding deh.

Misalnya di lagu pertama, Shut Up. Kalau kita diteraki “Shut up!” sama orang mungkin terkesan kasar, tapi di lagu ini Ariana berhasil membungkam dengan nada tingginya. “shuuuuUuut UuuuUp,” kata pelantun Baby I ini di bagian chorus. Dan kita pun terdiam.

Musik jazz, neo-soul, dan R&B cukup terasa di lagu My Hair. Unik memang karena jarang banget penyanyi dengan rambut ponytailnya ini main ke jenis musik tersebut. Apapun yang disuguhkan, kita terima aja lah soalnya enak juga lagunya. (Emang ada yang gak enak?)

Sisi flirty dari seorang Ariana Grande muncul di banyak lagu, salah satunya 34+35. Kebanyakan lagu di Positions memang mengangkat tema cinta yang lagi sangat berbunga-bunga dan menggebu-gebu sih, jadi wajar.

Menariknya, fans bintang pop satu ini berasumsi kalau ada beberapa lagu yang bercerita tentang mantan Ariana nih. Misalnya di lagu Just Like Magic yang punya lirik “Take my pen and write some love letters to heaven” yang seakan menyiratkan rasa rindunya pada Mac Miller, mantan kekasihnya yang meninggal dunia beberapa tahun lalu.

Ada juga lagu Positions yang menimbulkan teori kalau Ariana menyinggung nama Pete Davidson, mantan tunangannya di lirik bagian verse pertama.

Di Off The Table yang berkolaborasi dengan The Weeknd, ada lirik “I can love you harder than before” yang seakan nyambung sama lagu kolaborasi mereka terdahulu, Love Me Harder. Jenius banget deh~

Lagu ini juga diduga bercerita tentang Mac Miller karena liriknya yang sangat deskriptif. "If I can't have you, is love completely off the table? Do I sit this one out and wait for the next life? (Next life)"

Positions menjadi album keenam Ariana Grande. Sebelumnya di tahun 2018 ia merilis Sweetener dan 2019 ada album Thank U, Next. Di tahun ini Ariana juga menjadi bagian dalam lagu Rain On Me milik Lady Gaga yang menyabet deretan penghargaan.

Ada juga lagu Stuck With You bersama Justin Bieber yang jadi anthem wajib di tengah pandemi seperti sekarang. Nah, karya yang mana nih yang jadi favorit kamu? (*)

Related Articles
Entertainment
Apakah Ariana Grande Kolab Bareng The Weeknd dalam ‘Positions’ ? Ini Clue-nya

Entertainment
Deretan Style Ariana Grande di MV Lagu 'Positions' yang Super Catchy!

Entertainment
Ariana Grande Rilis Daftar Lagu Album Positions, Pertanyaan Arinators Terjawab