Ini Bukan Cerita Film, Asteroid Besar Mungkin Tabrak Bumi 48 Tahun Mendatang

Posted on October 30th 2020

(Mirror)

Para penggemar film fiksi ilmiah mungkin sudah sering melihat adegan ketika sebuah asteroid besar meluncur dengan cepat dan menghantam bumi. Tetapi 48 tahun dari sekarang, mungkin kisah fiksi ilmiah ini dapat benar-benar terjadi di bumi.

Dilansir dari Mirror, para peneliti dari Universitas Hawaii memberikan peringatan jika asteroid yang dijuluki Dewa Kekacauan ada kemungkinan menabrak bumi pada 2068. Asteroid yang secara resmi disebut Apophis diperkirakan memiliki ukuran diameter 340 meter.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengamati Apophis bergerak semakin cepat akibat adanya radiasi yang tidak seragam. Semua asteroid sebenarnya menggunakan energi dari matahari dan kembali memancarkannya sebagai panas. Dalam prosesnya, ini dapat menjadi sebuah pendorong kecil yang bisa sedikit mengubah orbit asteroid.

Dan jika melihat bagaimana pergerakan Apophis yang cukup cepat, asteroid ini mungkin akan bertabrakan dengan bumi pada 2068. Tetapi sebelum itu terjadi, asteroid ini ternyata sudah mendekati bumi pada 13 April 2029, bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Namun untungnya, menurut Dave Tolen, asteroid ini tidak akan bergesekan dengan bumi meskipun berada cukup dekat. Sebuah observasi yang didapat dengan menggunakan teleskop Subaru pada awal tahun juga cukup mengungkap bagaimana efek Yarkovsky di Apophis.

Berdasarkan hal tersebut, asteroid menjauh dari orbit gravitasi murni sekitar 170 meter setiap tahun. Hal ini membuat skenario dampak pada 2068 akan tetap berjalan. NASA pun terus memonitor dengan ketat pergerakan dari Aphopis hingga 2029.

Apophis sendiri dierkirakan akan menghasilkan ledakan yang setara dengan 880 juta ton trinitrotolurnr (TNT) yang meledak bersamaan jika menghantam bumi. Namun di sisi lain, mendekatnya asteroid ini pada 2029 juga akan menjadi peluang lur biasa bagi para ilmuwan.

Dan sama seperti di beberapa film fiksi ilmiah, NASA juga sudah menyiapkan beberapa taktik jika memang Apophis ditemukan berada di jalur tabrakan bumi.  Pertama dengan membelokkan asteroid  dengan senjata fusi nuklir yang dapat sedikit mengubah kecepatan asteroid tanpa merusaknya.

Dengan perubahan kecepatan kecil pada gerakan asteroid (hanya beberapa milimeter per detik), yang berlangsung selama beberapa tahun dapat menyingkirkan asteroid dari mendekati bumi. Triknya adalah dengan halus mendorong asteroid keluar dari jalur bahaya dan tidak meledakkannya.

Selain itu, ada juga pilihan untuk membentuk panel surya yang besar pada obyek kecil yang mengancam. Tujuannya, tekanan dari sinar matahari akan mendorong obyek tersebut menjauh dari perkiraan menabrak bumi. (*)