Korea

Kuasa Hukum Ini Ungkap Bagaimana Mereka Melacak Komentar Jahat Warganet

Delima Pangaribuan

Posted on October 29th 2020

(Koreaboo)

Sering kita dengar kan, agensi-agensi bertindak membela artis mereka dengan membawa warganet yang berkomentar jahat ke ranah hukum. Rupanya hal ini memang mungkin dilakukan dan kuasa hukum satu ini membeberkan bagaimana caranya.

Melansir Koreaboo, pengacara  bernama Jeong Chong-myeong dan Ko Seungwoo menjelaskan bagaimana mereka berurusan dengan komentar jahat warganet. Sebelumnya, kedua lawyer ini pernah bekerja untuk aktor Kim Soohyun dan mantan member Wanna One Park Jihoon dan Ong Seongwoo.

Mereka menjelaskan cara ini dalam acara Comment Defenders. Salah seorang warganet bertanya dalam acara itu bagaimana mereka menggugat orang yang berkomentar jahat tapi identitasnya cuma nama panggilan atau nama samaran. Jeong Chong-myeong bilang, hal itu tetap mungkin meskipun warganet menggunakan fake account.

"Kita tetap bisa menemukannya. Khususnya dalam portal besar seperti Naver, di mana kita bisa menggunakan banyak ID berbeda," jelasnya.

Meskipun bisa 'menyamarkan diri' dengan fake account, tetap saja warganet di Korea Selatan harus memasukkan identitas diri untuk mengaktifkan akun mereka. "Kalian harus tetap memverifikasi akun kalian dan menggunakan nama yang terdaftar," lanjut Jeong Chong-myeong.

Jadi, selama ada postingan itu di media sosial, mereka bisa melakukan tracking hingga ke penulisnya. Meski begitu, Jeong Chong-myeong mengakui bahwa ada website yang terbilang sulit untuk dilacak penggunanya. Untuk website semacam itu, mereka punya cara-cara khusus yang memang lebih sulit tapi juga jitu untuk menemukan pelaku aslinya. Intinya, tidak ada yang tidak mungkin.

Salah satu caranya dengan menggunakan IP address. "Kami sering menggunakan IP address untuk melacak postingan tersebut. Kami bisa menemukan semuanya," jelasnya.

Tonton penjelasan lengkap mereka di video berikut ini. (*)

Related Articles
Korea
Park Ji Hoon Bakal Jadi Lead Drama Webtoon Populer 'Love Revolution'?

Korea
Jurnalis KPop Ini Beberkan Rahasia Interview Idol, Sudah Diatur Sama Agensi?

Korea
Ramai Isu Bullying di AOA, Warganet Terpecah Jadi Dua Kubu