Interest

Harley-Davidson Luncurkan Sepeda Listrik, Nggak Kalah Keren Dari Motornya

Dwiwa

Posted on October 29th 2020

(The Verge)

Setelah hampir setahun tidak ada kabar, Harley-Davidson akhirnya memperkenalkan sepeda listrik buatan mereka. Diberi nama Serial 1, sepeda listrik buatan perusahaan motor gede asal Amerika Serikat ini direncanakan bakal mulai dijual pada Maret 2021.

Dilansir dari The Verge, Sebagai awal bisnis baru, sepeda listrik ini juga membawa nostalgia. Penamaan Serial 1 ini merujuk pada “Serial Number One”, julukan untuk sepeda motor lawas Harley-Davidson yang dibuat pada 1903.

Nostalgia itu bukan hanya sekadar ada pada nama. Tetapi juga desainnya. Sepeda listrik ini menggunakan ban putih, sadel dan stang dari kulit, serta rangka hitam. Semua dimaksudkan untuk mengingatkan kembali pada prototipe pertama sepeda motor tersebut.

Serial 1 dikembangkan oleh sekelompok penggemar sepeda motor dan sepeda yang bekerja di Harley-Davidson. Desain sepeda listrik ini pun dibuat sedemikian rupa sehingga cocok untuk nama besar perusahaan tersebut.

Tidak ada spesifikasi yang dibocorkan oleh Harley-Davidson soal sepeda listrik retro ini. Tetapi dari foto-foto yang beredar, sepeda ini dilengkapi dengan penggerak motor di bagian tengah, sistem penggerak belt (kemungkinan dengan sistem Gates Carbon yang dikenal tahan lama) yang mirip sistem di motor matik.

Selain itu, baterai telah terintegrasi dengan kerangka. Begitu juga dengan lampu depan dan lampu belakang serta tentu saja aksen kulit yang membuat tampilannya jadi semakin klasik layaknya sepeda onthel.

“Langkah besar sedang diambil untuk membuat sepeda semudah dan seintuitif mungkin untuk dioperasikan. Ini mencakup fitur-fitur utama sepeti motor yang dipasang di bagian tengah dengan baterai yang terintegrasi, lampu terintegrasi dan jalur rem dan kabel,” ujar  Aaron Frank, brand manager untuk Serial 1 kepada The Verge.

Soal harganya, Harley juga masih enggan untuk memberikan bocoran. Tetapi mengingat spesifikasi dan desainnya yang menawan serta mengusung nama besar Harley-Davidson, mungkin harganya akan cukup menguras isi dompet.

Penjualan sepeda listrik di seluruh dunia telah mengalami peningkatan dalam beberapa waktu terakhir. Apalagi semenjak Covid-19 jumlahnya terus melonjak sehinggabanyak produsen kendaraan bermotor turut melirik bisnis baru ini.

Harley pun bukan merk sepeda motor pertama yang ikut terjun dalam bisnis ini. Triumph yang berbasis di Inggris telah meluncurkan prototipe, Trekker GT, pada awal tahun sementara Ducati merilis e-bike pertamanya tahun lalu.

Brand otomotif terkenal bahkan juga ikut andil. BMW telah membuat sepeda listrik dan sepeda motor, Audi memproduksi sepeda listrik gunung, Mercedes-Benz memperkenalkan skuter listrik, Ford membuat startup e-scooter Spin, dan Jeep baru-baru ini merilis sepeda listrik gunung bertenaga tinggi.  (*)

 

Related Articles
Interest
Harga Sepeda E-Bike Pertama Harley-Davidson Terungkap, Bisa Beli Motor Sport!

Interest
Cuma Ada 650, Sepeda Listrik Vintage Harley-Davidson Mulai Dijual Tahun Ini

Interest
Coronavirus Lumpuhkan Industri Otomotif Dunia