Tech

Update! Instagram Hilangkan Limit Durasi Video Live, Plus, Bisa Diarsipkan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 28th 2020

(Instagram)

Siapa nih yang suka banget ngelive di Instagram? Entah lagi merekam momen mengasyikkan atau cuma gabut aja sambil jawab-jawab pertanyaan dari yang menonton live. Nah, biar pengalaman siaran langsung di media sosial ini makin oke,

Instagram kini meningkatkan durasi 60 menit yang selama ini diberlakukan menjadi 240 menit. Bukan itu aja, kini kita juga bisa melihat lagi video live kita di bagian arsip khusus yaitu arsip live.

Waktu siaran langsung selama empat jam ini bisa digunakan untuk semua pengguna di seluruh dunia asalkan nggak punya pengalaman melanggar peraturan Instagram atau bermasalah dengan IP (internet protocol).

Setelah ngelive nih, kita bisa melihat kembali rekamannya di arsip privat khusus untuk video siaran langsung, sama seperti arsip untuk post dan juga story. Bedanya, arsip khusus video live ini hanya bisa diakses maksimal 30 hari setelah siaran langsung dilakukan. Kalau mau mengabadikan video tersebut, kita bisa unduh dan unggah lagi deh!

Biar live Instagram kamu gak sepi penonton, ada juga bagian bernama “Live Now” di IGTV untuk menampilkan deretan konten live yang bisa ditonton saat itu juga. Siapa tahu kan notifikasi kalau kamu ngelive gak masuk di akun teman kamu.

Dilansir dari The Verge, pembaruan ini berawal dari banyaknya pengguna yang memanfaatkan live untuk beraktivitas di tengah pandemi. Misalnya instruktur gym yang mengadakan kelas secara langsung. Kalau ada batas waktu maksimal satu jam kan bisa jadi belum selesai tuh.

Instagram berharap pembaruan ini bikin orang-orang lebih betah dan menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasi mereka. Apalagi aplikasi buat ngelive sekarang makin banyak, pastinya mau tetap bersaing dong~

Sebelumnya Instagram melakukan update di tampilan arsip story. Kita bisa melihat story dengan urutan waktu seperti kalender bahkan story berdasarkan lokasi dalam sebuah peta seluruh dunia. Selain itu, direct message Instagram kini bergabung dengan Messenger, memungkinkan kita bicara lintas aplikasi dengan deretan fitur baru yang asyik banget. (*)

 

Artikel Terkait
Tech
8 Update Direct Message Instagram Mulai dari Emoji Custom sampai Mode Menghilang

Tech
Instagram Segera Rilis Fitur Live yang Bisa Sampai Empat Orang

Tech
Ganti Logo Setelah 7 Tahun, Messenger Hadirkan Fitur Baru Mirip Instagram