Tech

YouTube Update App Mobile, Gestur Untuk Full Screen dan Permudah Tombol Subtitle

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 27th 2020

(YouTube)

Buat kalian yang hobi marathon YouTube, bakal lebih susah lagi buat berhenti nih. Aplikasi streaming video satu ini baru aja meluncurkan beberapa fitur yang membuat pengalaman menonton dan mengontrol video menjadi lebih mudah dan cepat.

Yang pertama ada gestur swipe up untuk membuat video menjadi full screen. Kalau biasanya kita harus memencet logo full screen di pojok video dulu biar tampilan video memenuhi layar kita, kali ini kita tinggal geser aja ke atas dan sudah deh. Kalau mau kembali ke tampilan normal, tinggal geser ke bawah.

(Youtube)

Tenang, swipe up ini hanya bisa dilakukan di bagian pemutar kok. Jadi kalau kita menggeser ke atas untuk keluar aplikasi atau memencet tombol beranda, nggak bakal mengubah video jadi full screen. Aman deh buat perangkat Android atau iOS yang gak punya tombol fisik.

Ada juga fitur video chapter untuk menandai bagian-bagian dalam satu video. Kalau biasanya kita mengandalkan komentar orang untuk menjadi penanda video (misalnya bagian pembahasan mulai di menit kelima, bagian percobaan ada di menit ketujuh), kali ini YouTube memungkinkan pemilik kanal menandai bagian-bagian tertentu dalam video mereka.

(YouTube)

Fitur ini sendiri sudah ada sejak bulan Mei namun sekarang dikembangkan lagi dengan adanya daftar lengkap chapter beserta thumbnail-nya. Kita bisa lihat daftar ini di tombol chapter, terus klik bagian yang mau ditonton. Nggak perlu lagi ribet mencari bagian yang penting karena sudah ada tandanya.

Yang ketiga ada pemindahan tombol caption dan autoplay. Biasanya kan kita harus mengeklik tombol titik tiga di pojok kanan atas dulu nih kalau mau mengatur caption atau subtitle. Melalui update ini, tombol caption diletakkan langsung di depan.

Tombol autoplay juga dipindah sejajar dengan caption,  sehingga kita bisa gampang menyalakan atau menonaktifkannya ketika menonton. Penyesuaian ini bakal diterapkan di YouTube desktop juga nih.

(YouTube)

Yang keempat adalah suggested actions. Kalau kita lagi menonton video yang landscape, bakal ada pop-up muncul untuk mengarahkan kita merotate ponsel kita. Biar jadi full screen gitu. Nantinya bakal ada lebih banyak saran untuk meningkatkan pengalaman menonton YouTube.

Mulai diluncurkan Selasa (27/10) hari ini, pembaruan ini sudah resmi diluncurkan. Sebagian pengguna sudah menerima update ini sejak pengumuman dikeluarkan, namun sebagian lain baru akan menerimanya dalam minggu ini. Nah, kamu sudah merasakan fitur baru ini belum? (*)

Related Articles
Tech
YouTube Uji Coba Pembuat Chapter Otomatis, Biar Gak Perlu Menandai Secara Manual

Tech
Hati-hati! 235 Juta Data Akun Instagram, TikTok, dan YouTube Bocor di Dunia Maya

Tech
Susul Twitter dan YouTube, Facebook Kini Dilengkapi Fitur "Topic"