Korea

Mantan Sasaeng BTS Bikin Pengakuan, Ini Alasan Dia Melakukan Aksinya Itu

Delima Pangaribuan

Posted on October 27th 2020

Keberadaan sasaeng atau fans yang kerap mengekor idol ke mana-mana kadang bikin fans lain sebel. Soalnya mereka dianggap mengganggu ketenangan dan privasi idol. Namun, sebenarnya apa sih alasan seseorang menjadi sasaeng fan?
 
Koreaboo menemukan jawabannya dari postingan seorang mantan sasaeng BTS di Quora. Pemilik akun bernama Kasami Yamamoto ini mengaku dulunya termasuk jajaran sasaeng yang selalu ikut ke mana pun BTS pergi. Tapi sekarang dia sudah tobat, sih.
 
Dari pengalamannya, Kasami bilang kalau alasan seseorang jadi sasaeng itu bisa macam-macam. Yang paling kelihatan adalah bahwa dia suka banget sama idol tertentu. Bukan suka lagi, bahkan bisa dibilang "jatuh cinta" dan terobsesi.

 
"Kebanyakan karena orang itu sudah jatuh cinta sama si idol tapi mereka sadar nggak akan punya kesempatan (untuk bersama idol itu), sehingga setidaknya mereka mencoba," jelas Kasami.
 
Kedua, bisa jadi karena justru dia gak suka sama idol tertentu. Dia menjadi sasaeng dengan niat untuk mengganggu si idol dan bahkan menyakiti idol yang gak mereka sukai.
 

Ketiga, gak harus sampai jatuh cinta banget. Tapi seseorang menjadi sasaeng sederhananya pengen dapat perhatian aja dari idol kesayangannya. Tanpa berbuat yang menarik perhatian, mereka gak bakal dilirik idol sehingga mereka "nekat" melakukan hal-hal kelewat batas sebagai sasaeng. 
 
Kasami sendiri mengakui dirinya punya alasan seperti yang pertama. Dia suka banget sama Jungkook dan bahkan ingin punya hubungan khusus dengan maknae BTS itu. Dia nggak peduli bahwa ada jutaan orang lain yang juga berpikiran sama. 
 
"Tapi, menginginkan idol-mu tidak berarti kamu sah-sah saja melecehkan mereka dan menginvasi ruang personal mereka. Aku tidak mengerti soal itu dulu jadi aku hanya memaksakan diriku pada mereka karena aku pikir tidak bisa hidup tanpa mereka," jelas Kasami.
 
Meski demikian, Kasami bilang kalau sasaeng bukannya orang jahat seperti anggapan fans lain. Mereka cuma fans yang kemudian saking jatuh cintanya sampai kadang gak sadar kalau apa yang dilakukan itu merugikan si idol.
 
"Aku tahu banyak juga sasaeng yang gak suka dengan situasi mereka ini, tapi mereka gak bisa apa-apa karena rasa cintanya yang besar kepada idol itu telah menguasai mereka," lanjutnya.
 
Lewat postingan ini, Kasami ingin kasih pandangan lain bahwa sasaeng itu gak selamanya jahat dan gak bisa digeneralisasi. Gimana menurut kalian, Kpopers? (*)
 
Related Articles
Korea
Dianggap Berbahaya, Ini 4 Sasaeng Paling Populer di Dunia KPop

Korea
Inilah 5 Hal Paling Mengerikan yang Pernah Dilakukan Sasaeng Pada Idol K-Pop

Entertainment
Mulai dari Youngjae GOT7 sampai Kai EXO Ancam Sasaeng lewat Instagram