Current Issues

Lee Kun-hee Bos Besar Samsung Meninggal Dunia, Begini Perjuangannya dalam Bisnis

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 26th 2020

(CNN)

Kabar duka mengejutkan datang dari perusahaan gawai raksasa asal Korea Selatan, Samsung. Pemimpin perusahaan teknologi tersebut, Lee Kun-hee, meninggal dunia pada Minggu (25/10) lalu di usia 78 tahun.

Tidak disebutkan penyebab meninggalnya bos besar dengan kekayaan mencapai ratusan triliun rupiah tersebut, tapi Lee sendiri sudah menderita serangan jantung sejak 2014. Diperkirakan anaknya, Lee Jae-yong atau Jay Y. Lee akan menggantikan posisi sang ayah menjadi pemimpin Samsung.

Lee Kun-hee merupakan sosok pengusaha yang kontroversial dalam menjalankan bisnis. Samsung Group sendiri awalnya dimiliki oleh sang ayah, Lee Byung-chul. Didirikan pada 1938, Lee sebagai anak ketiga baru bergabung pada 1968 dan menjadi pemimpin ketika ayahnya meninggal pada 1987.

Saat itu Samsung dipandang sebelah mata. Perusahaan yang ia pimpin dicap hanya bisa menghasilkan produk murah dan berkualitas rendah. Hingga pada 1993 ia mengambil langkah untuk mengubah stigma tersebut dengan berkata, ”mari kita ubah semuanya kecuali istri dan anak kita,“ lalu membakar semua stok ponsel yang mereka miliki yaitu sekitar 150.000 unit.

Samsung yang disebut sebagai chaebol (perusahahaan konglomerat super kaya yang membantu perekonomian Korea Selatan) terus berkembang hingga sekarang. Terbukti dengan dominasi merek ini dalam pasar smartphone. Lee Kun-hee menjadi orang terkaya di negaranya dan Samsung menjadi brand teknologi terkuat sedunia.

Kepemimpinan Lee bukannya tanpa tantangan. Di tahun 1995 ia sempat tersandung kasus penyuapan terhadap Presiden Roh Tae-woo. Pada 2008 sempat pula mengalami kasus penghindaran pajak. (*)

Related Articles
Tech
Ikuti Jejak Apple, Samsung Akan Jual Charger Terpisah Dari Smartphone

Tech
Samsung akan Pamerkan Galaxy Note Generasi Baru pada 5 Agustus

Tech
Awas, Salah Pasang Gambar di Wallpaper Bikin Ponselmu Rusak, Ini Kata Ahli...