Tech

McBroken, Situs untuk Cek Jika Mesin Es Krim McDonald’s Rusak atau Tidak

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 25th 2020

(Irene Jiang/Business Insider)

Lagi pengin banget McFlurry terus jadi bad mood karena mesin es krim di McDonald’s ternyata rusak? Well, ternyata masalah ini cukup sering terjadi di berbagai cabang restoran cepat saji ini nih.

Saking seringnya, seorang software engineer bernama Rashiq Zahid membangun sebuah website bernama McBroken.com untuk memberikan informasi apakah mesin es krim McD di cabang yang mau kita datangi lagi rusak atau tidak.

Dia menciptakan website gara-gara kecewa sering mendapati jawaban mesin es krim sedang rusak di bulan Juli lalu. Muncul deh ide untuk membuat bot yang memeriksa apakah mesin di suatu cabang berfungsi atau nggak. Caranya? Melihat apakah menu es krim di aplikasi delivery McDonald’s bisa dipesan atau tidak.

Kalau mesin rusak, kita pasti gak bisa pesan menu es krim aplikasi McDonald’s. Nah data ini yang menjadi informasi website. Awalnya Rashiq mencoba untuk melaporkan data setiap satu menit sekali, tapi kegiatan ini pastinya dicurigai sebuah aplikasi. Setelah beberapa penyesuaian, ia memutuskan untuk melakukan pengecekan setiap 30 menit sekali.

(The Verge)

Kalau es krim bisa dipesan, lokasi McDonald’s akan berwarna hijau. Kalau nggak bisa, lokasi akan berwarna merah di website McBroken.

Website ini pertama kali diuji coba di Jerman. Tapi Rashiq berpikir kalau di Amerika Serikat pasti bakal lebih bermanfaat karena memang pusatnya McDonald’s. Berkembang deh lokasi website ini.

Awalnya memang hanya ide sederhana yang iseng. Tapi setelah 20 menit diluncurkan, McBroken langsung dikunjungi 10.000 orang. Karena dibangun di server yang biayanya hanya 5 USD (sekitar Rp70ribu) saat itu, jelas website tersebut nge-crash. Namun sekarang McBroken sudah berfungsi normal dan punya banyak pengunjung!

Data yang ditampilkan juga lengkap dengan persentase mesin es krim yang rusak di seluruh negara di Amerika Serikat. Bisa dilihat deh berapa banyak mesin yang rusak setiap wakrunya.

Nah, semoga aja nih ya website ini atau website sejenis bisa muncul di Indonesia. Pasti bakal asyik juga ya kan~

Related Articles
Lifestyle
Sesuai Namanya, Burger King Jepang Rilis ‘Ugly Burger’ yang Tampilannya Jelek

Current Issues
Rahasia Selandia Baru 'Menang' Lawan Coronavirus

Interest
Burger King Stop Penjualan Whopper, Demi Bantu McDonald's