Tech

SpaceX Luncurkan 60 Satelit Starlink ke Orbit Bumi. Buat Apa?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on October 25th 2020

SpaceX, perusahaan penerbangan antariksa besutan Elon Musk kembali mengorbitkan 60 satelit Starlink ke luar angkasa. Satelit Starlink adalah infastruktur dasar SpaceX dalam membangun jaringan internet globalnya di masa mendatang.

Peluncuran ini dilakukan dari Pangkalan Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida pada pukul 11:31 AM waktu setempat (11:31 PM WIB). Peluncuran satelit adalah peluncuran satelit Starlink ke-15 yang dilakukan SpaceX sejauh ini. Dengan demikian, total SpaceX telah meluncurkan 900 satelit kecil. 

Falcon 9, roket yang dipakai SpaceX dalam 2 peluncuran luar angkasa sebelumnya juga digunakan dalam peluncuran kali ini. Setelah menerbangkan 60 satelit Starlink, Falcon 9 jatuh ke Samudera Atlantik dan berhasil diambil kembali oleh tim SpaceX.

Jaringan internet Starlink akan mulai diaktifkan pada tahun 2021 mendatang. Ector County Independent School District di Texas, Amerika Serikat akan menjadi mitra pertama SpaceX yang memanfaatkan teknologi jaringan internet Starlink milik SpaceX.

Nantinya, mereka akan melayani pelaggan di 45 rumah sebagai permulaan, lalu dilanjutkan dengan tambahan 54 rumah lagi setelah lebih banyak satelit Starlink yang diorbitkan di masa depan.

Visi utama SpaceX dengan Starlink adalah menyediakan jaringan internet berkecepatan tinggi yang mampu menjangkau seluruh wilayah di bumi, bahkan di wilayah perdesaan yang sulit dicapai sekalipun.

Konstelasi satelit ini kelak, yang ditargetkan akan mencapai puluhan ribu titik orbit di permukaan bumi, memberikan kelebihan dari segi kelancaran dibandingkan dengan satelit geosinkronik yang saat ini banyak dimanfaatkan untuk jasa internet komersial di seluruh dunia. Jika berhasil, proyek Starlink akan mengubah cara manusia dalam menggunakan internet di masa mendatang. (*)

Related Articles
Tech
Werner Herzog Kritik Rencana Elon Musk Untuk Membangun Kota di Mars

Tech
SpaceX Sukses Luncurkan ANASIS-II, Satelit Militer Korsel ke Orbit Bumi

Current Issues
SpaceX Diprediksi Bisa Bikin Internet yang Menjangkau Tempat Terpencil di Dunia