Entertainment

On This Day: ‘Speak Now’ Taylor Swift Sudah 10 Tahun! Ini Fakta Uniknya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 25th 2020

Selamat ulang tahun buat album ketiga Taylor Swift, Speak Now! Yup, tepat pada 25 Oktober 2010 lalu album studio ini dirilis. Album dengan 14 lagu yang banyak di antaranya jadi teman galau ini pastinya masih punya tempat di hati kita dong~

Nah, ada beberapa fakta menarik lho tentang album dari penyanyi kelahiran 30 tahun lalu ini. Yuk simak beberapa di antaranya!

1. Menjadi pembuktian kalau Taylor Swift bisa menulis lagu

Di era tersebut, penyanyi dari Pennsylvania tersebut sering kali dituduh kalau ia tidak bisa menulis lagunya sendiri. Akhirnya ia memutuskan menulis semua lagunya sendiri tanpa bantuan orang lain sama sekali di album ini! Dan lihat, deretan lagu berhasil jadi hits bahkan masih menempel di ingatan sampai sekarang kan?

2. Album transisi antara country ke pop

Dilansir dari Stereogum, album Speak Now menjadi jembatan seorang Taylor Swift menjadi seorang bintang pop setelah sekian lama menjadi musisi country. Dua tahun setelah Speak Now, album Red dirilis dengan nuansa yang lebih pop.

3. Penjualannya oke banget

Hanya dalam satu minggu setelah dirilis, album Speak Now berhasil terjual sebanyak satu juta copy di Amerika Serikat lho! Sekitar 11 juta copy album ini sudah berhasil dijual ke seluruh dunia juga. Keren banget!

4. Deretan penghargaan bergengsi berhasil direbut

Album ini juga menerima dua penghargaan Grammy, tersertifikasi platinum, berhasil meraih posisi pertama di Billboard Hot 200.

Penghargaan album digital yang paling cepat terjual oleh artis wanita oleh Guiness World Record tahun 2010 juga direbut oleh Speak Now. Banyak lagi deh penghargaan lain.

5. Dirilis satu tahun lewat satu hari dari album pertama

Album debut pertama nih!

Kalau Speak Now dirilis pada 25 Oktober 2010, album pertama yang bertajuk Taylor Swift dirilis pada 24 Oktober 2006. Beda sehari aja nih ulang tahunnya, tapi kedua album ini menandai kehidupan Taylor yang berbeda. Taylor Swift dirilis ketika penyanyi tersebut masih remaja berusia 16 tahun, sedangkan Speak Now dirilis di masa peralihan antara remaja ke dewasa.

Speak Now bercerita tentang Taylor Swift yang menerima ketenaran dan segala keuntungannya, namun berpikir kalau masa kecilnya masih jauh lebih mudah dan menyenangkan.

6. Back To December, lagu wajib ketika patah hati

Lagu super galau dan menyiratkan penyesalan ini dikabarkan bercerita tentang salah satu mantan sang pelantun 22, Taylor Lautner. Lagu ini merupakan lagu permintaan maaf pertama yang ia tulis lho. Hayo, siapa nih yang masih dengar lagu ini habis putus?

7. Innocent, lagu yang diduga ditujukan untuk Kanye West

Taylor sempat berkata kalau lagu Innocent, salah satu lagu di album Speak Now, merupakan surat terbuka untuk seseorang dalam hidupnya. Dari lirik-liriknya nih, Swifties berasumsi kalau orang tersebut adalah Kanye West yang sempat menginterupsi pidato Taylor Swift di MTV VMA tahun 2009.

Lirik yang meyakinkan fans adalah, “You'll have new Septembers” yang diduga merujuk pada acara tersebut karena diadakan pada September. “Thirty two and still growin' up now” menyiratkan usia Kanye saat itu yang berusia 32 tahun. Nah lho~

Nah, itu dia deretan fakta tentang album Taylor Swift, Speak Now. Yang mana nih yang jadi favorit kamu? (*)

 

Related Articles
Entertainment
Bukti Video Perseteruan Taylor Swift dan Kanye West Tersebar!

Entertainment
Taylor Swift Tidak Masuk Nominasi Oscar 2020

Entertainment
Keren Banget! Swiftie Bangun Desain Taman Hiburan Dari Album Taylor Swift