Interest

Among Us Diserang Hacker, Muncul Spam Chat ‘Eris Loris’ sampai Error Lobby Hitam

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 25th 2020

Serangan hacker di game Among Us

Siapa nih yang lagi ketagihan banget main Among Us? Kalau kamu lagi aktif main game satu ini, mungkin sempat merasakan beberapa hal aneh terjadi beberapa waktu belakangan. Mulai dari spam chat yang mengganggu, akun kita ngechat sendiri, sampai lobby room yang tiba-tiba hitam semua.

Agak seram ya. Ternyata, game yang konsepnya mirip permainan Werewolf ini memang sedang diserang hacker.

Spam chat

Peretas yang menamai diduga bernama Eris Loris ini lah yang mejadi biang kerok semua kekacauan di permainan tersebut. Yang pertama ada masalah di spam chat promosi untuk subscribe kanal YouTube Erin Loris di YouTube.

Di beberapa negara, spam ini juga meminta pemain untuk memberikan suara untuk Donald Trump, calon presiden Amerika Serikat tahun ini.

Ada juga spam chat yang membagikan link aplikasi Discord dan mengajak pemain untuk bergabung di sana. Diselipkan juga pesan bahwa spam tersebut dibayar oleh Putin (Vladimir Putin adalah presiden) dari Rusia.

(Twitter @SekoK67)

Di beberapa pemain, spam ini juga menuliskan “Eris Loris for president”. Kacau banget dah.

Beberapa pesan spam tersebut juga disampaikan dengan ancaman bahwa peretas tersebut akan membajak perangkat kita.

 

Impersonate

Peretas gunakan akun kita untuk spam chat (Twitter @HomeGirlV1)

Pesan-pesan tersebut biasanya disampaikan oleh pemain yang tidak memiliki nama. Tapi, ada juga serangan yang spam chat yang menggunakan akun kita (impersonation) untuk mengirimkan pesan-pesan tersebut. Waduh!

 

Mass despawn

Lobby permainan hitam semua.

Masalah lain yang muncul yaitu lobby ruangan permainan yang menjadi hitam semua atau disebut mass despawn. Ini kadang terjadi ketika permainan belum dimulai dan kita jadi gak bisa lanjut bermain. Setelah beberapa lama, kondisi ini bakal hilang sendiri tapi kadang kita harus keluar dan join ruangan baru.

 

Pernyataan resmi

Pengembang Among Us, InnerSloth, menyatakan kalau mereka tahu ada masalah yang disebabkan peretas ini. Melalui akun Twitter resminya, mereka berkata kalau sedang berusaha sebisa mungkin untuk mengatasi masalah tersebut.

Di hari Jumat (23/10) lalu, mereka sempat melakukan update server darurat. InnerSloth juga merekomendasikan kita untuk bermain dalam ruangan private aja, bukan public. Diingatkan juga agar bermain dengan pemain yang kita percaya.

Minggu (25/10), salah satu developer permainan ini mengatakan kalau masalah impersonation sudah diatasi melalui perbaikan gelombang pertama. Jadi, masalah yang tersisa adalah spam chat yang dilakukan akun nggak jelas (bukan lagi akun kita) dan juga mass despawn.

Pengembang tersebut juga berkata kalau kedua masalah yang tersisa itu akan diatasi dengan perbaikan gelombang kedua. Setelah itu bakal dilihat apa lagi yang perlu dilakukan berikutnya.

Buat kalian yang masih mau main Among Us nih, ada baiknya main di room yang private dulu sampai peretasan ini selesai. Kalau ada spam chat yang mengirimkan link, jangan dibuka! Sabar-sabar juga ya kalau penyelesaian masalah hacker ini cukup lama karena game ini dibuat oleh developer indie nih, bukan perusahaan permainan yang besar dan punya banyak staff. (*)

Related Articles
Hobi
Hadirkan Guardian Angel agar Tak Bosan Main Among Us

Hobi
Akankah Among Us Muncul di Nintendo Switch?

Current Issues
Biar Nggak Kudet, Begini Lho Cara Cerdas Main “Among Us”