Current Issues

Covid-19 Makin Merebak, Kepala WHO : Negara-negara Berada di Jalur Berbahaya

Dwiwa

Posted on October 24th 2020

Kasus Covid-19 di seluruh dunia telah melampui angka 42 juta dengan kematian lebih dari 1,1 juta, menurut situs Worldometers. Hal ini membuat dunia berada dalam titik kritis menghadapi pandemi Covid-19.

Bahkan menurut Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghegreyesus, beberapa negara tengah berada di jalur berbahaya. Kasus yang terus melonjak membuat negara tersebut berada dalam ancaman runtuhnya pelayanan kesehatan.

"Kita berada dalam titik kritis dari pandemi Covid-19, terutama di belahan bumi jtara. Beberapa bulan ke depan akan menjadi sangat sulit dan beberapa negara berada di jalur yang berbahaya," ujar Tedros seperti dikutip dari Reuters.

Dia pun meminta para pemimpin negara untuk segera mengambil tindakan untuk mencegah kematian yang tidak perlu, runtuhnya pelayanan kesehatan penting dan sekolah kembali ditutup.

Tedros mengatakan saat ini banyak negara yang tengah menghadapi peningkatan infeksi yang eksponensial. Peningkatan ini bahkan membuat kapasitas rumah sakit dan unit perawatan intensif mendekati atau melebihi kapasitas, padahal ini baru bulan Oktover.

Dia pun mendesak negara-negara untuk segera melakukan tindakan untuk membatasi penyebaran virus. Mulai dari meningkatkan pengujian, pelacakan kontak dari orang yang terinfeksi, dan melakukan isolasi pada orang yang berisiko menyebarkan virus. Ini akan menjadi cara yang memungkinkan negara-negara menghndari lockdown.(*)

Related Articles
Current Issues
WHO: 1 DariĀ  10 Orang Mungkin Sudah Tertular Covid-19

Current Issues
Pemerintah Tetapkan Harga Tes Swab Covid-19 Hanya Rp 900.000

Current Issues
WHO Siapkan Rapid Tes Covid-19 Bagi Negara Berpenghasilan Rendah dan Menengah