Tech

Lebih Akurat! AI Facebook Bisa Terjemahkan 100 Bahasa tanpa Diubah ke Inggris

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 23rd 2020


(Shuttershock)

Siapa nih yang masih pakai Facebook buat berhubungan dengan keluarga atau kerabat jauh? Media sosial ini beberapa waktu belakangan mengungkapkan kalau mereka menciptakan sebuah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang mampu menerjemahkan 100 bahasa tanpa diubah dahulu ke bahasa Inggris.

Karena kita punya banyak banget bahasa, sering kali mesin penerjemah belum memahami betul semua bahasa yang dibutuhkan. Alternatifnya, penerjemahan dilakukan dengan mengubah bahasa yang dimaksud menjadi bahasa Inggris terlebih dahulu, baru deh dari sana diubah lagi menjadi bahasa yang ditargetkan.

Misalnya kita mau menerjemahkan kalimat bahasa Mandarin ke Spanyol. Mesin akan mengubahnya menjadi kalimat bahasa Inggris dulu. Setelah selesai, baru deh kalimat tersebut diubah ke bahasa Spanyol. Proses yang mengubah bahasa ke bahasa Inggris ini disbeut penerjemahan English-centric. Cara ini memang menjangkau banyak bahasa, namun terjemahan yang dihasilkan menjadi kurang akurat.

Dengan kecerdasan buatan yang diciptakan Facebook, masalah tersebut bisa diatasi! AI yang bernama M2M-100 ini bakal langsung menerjemahkan bahasa tanpa diubah ke bahasa Inggris. Misal kita mau menerjemahkan kata Perancis ke Mandarin.

Kata berbahasa Perancis tersebut tidak perlu lagi diubah ke bahasa Inggris dulu, melainkan langsung ke Mandarin. Jelas tingkat keakuratannya jadi jauh meningkat.

M2M-100 ini dibekali dengan 2.200 bahasa tujuan dan diklaim sepuluh kali lebih baik daripada kecerdasan buatan sebelumnya. Harapannya ini bisa membantu meningkatkan kualitas terjemahan untuk miliaran orang, terutama bagi bahasa yang bahannya masih kurang. Asyik, bisa lebih gampang nih kalau berinteraksi dengan akun luar negeri! (*)

Related Articles
Tech
YouTube Uji Coba Pembuat Chapter Otomatis, Biar Gak Perlu Menandai Secara Manual

Interest
Khawatir Memiliki Kanker Kulit? Coba Aplikasi Miiskin Untuk Lakukan Deteksi Dini

Current Issues
Kecerdasan Buatan Bisa Jadi Solusi untuk Perjalanan Lebih Aman Saat Pandemi