Current Issues

Beda Dengan Flu, Covid-19 5 Kali Lebih Mematikan Bagi Pasien yang Dirawat di RS

Dwiwa

Posted on October 21st 2020

Bagi yang masih berpikir jika Covid-19 ini hanya seperti flu, segera buang jauh-jauh. Pasalnya, laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pada Selasa (20/10), menemukan jika pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit cenderung mengalami komplikasi serius dan kehilangan nyawa.

“Dibandingkan dengan influenza, Covid-19 dikaitkan dengan peningkatan risiko dari sebagian besar komplikasi pernapasan dan non-pernapasan. Kelompok ras dan etnis minoritas tertentu secara tidak proporsional dipengaruhi oleh Covid-19,” jelas laporan tersebut seperti dilansir dari Eat This, Not That!.

Laporan tersebut menganalisis data lebih dari 9 ribu pasien yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 dan influenza. Hasilnya, mereka yang dirawat karena Covid-19 lima kali lebih mungkin meninggal dibanding pasien flu.

Bukan hanya itu saja, orang-orang yang terkena virus corona lebih mungkin mengalami sindrom gangguan pernapasan akut dan dua kali cenderung membutuhkan perawatan intensif. Waktu perawatan di rumah sakit juga tiga kali lebih lama.

Temuan yang lebih mengerikan adalah seperempat dari pasien Covid-19 yang dirawat mengalami komplikasi yang melibatkan tiga sistem organ atau lebih. Mereka juga berisiko tinggi mengalami 17 komplikasi kesehatan termasuk pneumonia, miokarditis (peradangan jantung), trombosis vena dalam, emboli paru, pendarahan otak, dan gagal hati.

Sementara itu, pasien yang berjuang melawan flu cenderung mengalami penyakit paru obstruktif kronik dan asma yang memburuk.

Temuan lain dari laporan ini adalah kelompok minoritas di Amerika Serikat, termasuk pasien berkulit hitam dan hispanik memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami banyak komplikasi, seperti pernapasan, saraf, dan ginjal, bahkan setelah para peneliti memperhitungkan usia pasien dan penyakit penyerta.

Jadi, sudah jelas ya kalau Covid-19 ini sama sekali tidak mirip dengan flu dan tidak boleh diremehkan. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air. Mari kita lindungi diri dan orang-orang tersayang di sekitar kita. (*)

Related Articles
Current Issues
Hati-Hati, Covid-19 Mudah Menyebar di Keluarga

Current Issues
Direktur CDC: Semua Pakai Masker Selama 12 Minggu, Pandemi Bisa Dikendalikan

Current Issues
WHO: Enam Negara Melaporkan Virus Corona Terkait Peternakan Cerpelai