Current Issues

Jadi Tuan Rumah U-20 2021, Indonesia Bakal Berlakukan Protokol Kesehatan Ketat

Dwiwa

Posted on October 21st 2020

 Timnas U-19 saat menjalani latihan di di Split, Kroasia. (PSSI)

Di tengah kasus Covid-19 yang masih terus merangkak, Indonesia memastikan diri siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Salah satunya adalah akan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dilansir dari Reuters, Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah telah memilih enam kota yang akan menjadi tuan rumah untuk kompetisi yang dijadwalkan akan berlangsung pada 20 Mei hingga 12 Juni 2021 ini. Keenam kota itu adalah Jakarta, Palembang, Surabaya, Bandung, Solo dan Bali.

“Hal terpenting adalah memastikan Indonesia telah menyapkan protokol kesehatan jadi akan sangat aman untuk dikunjungi dan menjadi tuan rumah (Piala Dunia) U-20 2021,” ujar Jokowi kepada menteri kabinet dalam rapat daring pada Selasa (20/10).

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy mengatakan badan sepak bola Dunia FIFA telah memutuskan untuk meniadakan upacara pembukaan dan penutupan karena pandemi.

Indonesia sendiri tengah berjuang keras mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19 setelah menjadi negara dengan jumlah kasus dan kematian tertinggi di Asia Tenggara. Negara berpenduduk terpadat keempat didunia ini mencatat kasus 368.842 dengan kematian 12.734 pada Selasa (20/10).

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, FIFA dan otoritas lokal yang ditunjuk belum memutuskan jumlah penonton yang diizinkan masuk ke stadium untuk memastikan keamanan.

“Kami berharap pada Mei-Juni nanti, penonton akan diijinkan baik dengan kapasitas setengah atau terbatas dari stadion,” ujarnya. Dia pun mengatakan jika pengembangan infrastruktur untuk turnamen tersebut sudah siap, termasuk stadion, tempat latihan dan fasilitas pendukung lain serta untuk pengunjung.

“Penyelenggaraan piala dunia tidak hanya aktivitas olahraga, tetapi juga pariwisata,” ujarnya. Dia berharap agar para pemain dan official juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk menikmati Indonesia. (*)

 

Artikel Terkait
Current Issues
WHO Siapkan Rapid Tes Covid-19 Bagi Negara Berpenghasilan Rendah dan Menengah

Current Issues
Covid-19 Makin Merebak, Kepala WHO : Negara-negara Berada di Jalur Berbahaya

Current Issues
WHO: Enam Negara Melaporkan Virus Corona Terkait Peternakan Cerpelai