Tech

Waduh, Google Dituntut sama Pemerintah Amerika Serikat Karena Dituduh Monopoli

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 21st 2020

(Ist)

Google, perusahaan teknologi raksasa yang jadi tempat kerja impian banyak orang. Nggak heran sih, perusahaan ini memang punya kekayaan yang luar biasa besar dari segala produk yang mereka hasilkan, salah satunya yang paling sukses adalah mesin pencariannya.

Baru-baru ini, pemerintah Amerika Serikat menuntut perusahaan raksasa ini dengan dasar bahwa Google menggunakan cara-cara yang tidak adil untuk memasarkan mesin pencarian mereka dan memonopoli iklan dari mesin pencari.

Departemen keadilan AS menyebut kalau Google memanfaatkan keuntungan dari posisi dominasi yang dimiliki untuk membayar perusahaan lain agar mendukung posisi Google tetap terjaga dan menghalau para kompetitor.

Misalnya ketika Google membayar Apple jutaan dollar setiap tahunnya agar menjadi browser default di Safari. Kalau buat pengguna Android, aplikasi Google pasti sudah langsung tersedia.

Nah, pemerintah AS melihat tindakan ini sebagai tindakan ilegal karena mengancam pasar bebas dengan membunuh pesaing yang mungkin aja bisa berkembang.

“Kalau pemerintah tidak mengajukan hukum antitrust (hukum persaingan) untuk memungkinkan kompetisi terjadi, kita bisa kehilangan inovasi. Kalau itu terjadi, Amerika mungkin tidak akan melihat Google yang selanjutnya,” ujar juru bicara departemen keadilan, Marc Raimondi.

Ada tiga tindakan utama yang membuat Google dipandang antikompetisi. Pertama, pengguna Google seakan dipaksa untuk menerima kebijakan privasi yang ada untuk menggunakan produk perusahaan tersebut, untuk para perusahaan juga harus membayar sejumlah biaya untuk berhubungan dengan konsumen mereka, dan deretan perusahaan teknologi yang sulit bersaing karena kekuatan Google.

Gini. Makin banyak pengguna Google, makin banyak juga data dari pengguna yang bisa dikumpulkan. Makin banyak data, hasil mesin pencari makin akurat. Semakin akurat, makin banyak juga pengguna yang mengandalkan. Ditambah lagi para pengiklan juga pasti tertarik karena jumlah pengguna yang tidak sedikit. Lingkaran ini seakan tidak bisa terputus dan terus berputar untuk menjalankan kekuatan Google.

Sebelumnya, perusahaan teknologi Microsoft juga menerima tuntutan ini dari pemerintah AS. Butuh waktu beberapa tahun untuk selesai dan hasil akhirnya adalah perusahaan dirian Bill Gates tersebut mengalah.

Nah, gimana nih menurut kamu tuduhan monopoli yang ditujukan kepada Google? (*)

Related Articles
Tech
Google Bakal Pecat Karyawan yang Tak Mau Divaksin

Tech
Google, Microsoft, dan Apple Akan Terapkan Login Tanpa Kata Sandi

Tech
Makin Komplit, Aplikasi Gmail Bakal Bisa Buat Telpon dan Panggilan Video