Korea

Seberapa Penting Line Distribution dalam Lagu KPop?

Delima Pangaribuan

Posted on October 20th 2020

(Facebook)

 
Sering menemukan fans yang 'rewel' soal line distribution idol dalam sebuah lagu? Sebelum melangkah lebih jauh, buat informasi, line distribution adalah pembagian lagu yang dinyanyikan member. Misalnya dalam lagu A, member ini dapat part mana aja. Itulah line dia, dan secara keseluruhan disebut line distribution.
 
Karena ada beberapa grup yang punya banyak member, kadang line distribution ini jadi masalah. Jangankan yang banyak, yang member-nya cuma empat seperti BLACKPINK saja sering menimbulkan perdebatan di kalangan Blinks soal line distribution mereka. Ini jadi masalah karena durasi lagu cuma 3-4 menit, dan semua member harus kebagian part.
 
Koreaboo baru-baru ini membahas kenapa line distribution menjadi sangat penting buat idol. Biar kita nggak ngerasa cringey amat sama fans yang sering meributkan hal tersebut. Itu bukan perdebatan gak penting guys, karena memang line distribution tuh sepenting itu.

 
Memang kemudian setiap lagu yang dirilis sudah dipikirkan secara masak-masak oleh agensi dan para member sendiri. Jadi line distribution yang muncul udah sesuai kesepakatan mereka dan gak ada yang tersakiti. Tapi kita perlu ngelihat juga gimana proses pembagian line distribution itu saat produksi lagu serta bagaimana dampaknya buat artis setelah lagunya rilis.
 
Duo Black Eyed Pilseung (BEP) yang sudah memproduksi banyak lagu idol populer seperti SISTAR, GOT7, TWICE, Chungha, Apink, dan Cosmic Girls, mengungkapkan kalau adalah hal biasa jika satu member memang dapat part lebih banyak. Mereka mencontohkan TWICE.
 
Biasanya, Nayeon dan Jihyo langganan dapat part terbanyak. Sementara member lain part-nya sedikit. "Suara Nayeon itu fresh dan Jihyo adalah penyanyi yang suaranya outstanding," jelas mereka. Supaya dilihat sebagai grup yang berkualitas, member dengan kualitas suara terbaik juga bakal dapat porsi lebih banyak.

 
Beda dengan, katakanlah, Tzuyu. Tugas Tzuyu adalah sebagai visual. Memang dia akan dapat screentime cukup banyak meskipun line-nya sedikit. Lalu bagaimana dengan member yang bukan visual dan part menyanyinya sedikit? Nah ini yang dipermasalahkan warganet, khususnya penggemar.
 
Dapat banyak atau sedikit line ini sama-sama buah simalakama. Kalau dapat sedikit, orang jadi sulit melihat potensi dan bakat dari idol tersebut. Contohnya Johnny dan WinWin NCT yang langganan dapat part irit banget. Padahal suara mereka bagus. Gimana orang yang bukan fans tahu suara mereka bagus kalau nyanyinya cuma sedetik-dua detik?
 
Yang dapat line banyak pun ngerasain efek negatif. Mereka berpoteni di-salty-in sama penggemar karena seolah 'dianakemaskan'. Contohnya Jennie BLACKPINK. Padahal sebetulnya Jennie gak salah apa-apa dan hanya mengerjakan tugasnya sebagai penyanyi, tapi karena part-nya lebih banyak dari Jisoo, misalkan, banyak penggemar yang kurang suka.
 
Dalam sejarah per-Kpop-an, memang ada beberapa grup yang terkenal konsisten dengan line distribution. Dalam artian selain porsinya sama, bagian yang dinyanyikan member juga konsisten. Misal 2NE1 (sayangnya udah bubar), WINNER, SHINee, dan 2PM. Untuk grup angkatan lebih baru, ITZY dikenal punya line distribution paling adil.
 
Dan, meskipun punya member banyak banget, Seventeen juga tercatat sebagai grup yang punya line distribution cukup adil. Semua member secara konsisten dipercayakan satu part yang paling cocok sama warna suara mereka. Jadi misalnya ada member yang kelihatannya dapat line paling sedikit, tapi dia ditaruh di part yang paling nendang karena suaranya paling cocok.
 
Beberapa grup lain juga sudah menunjukkan peningkatan dalam pembagian line yang lebih adil. Misal BTS. Dulu BTS dapat banyak komentar negatif karena Jin selalu dapat bagian paling sedikit dibandingkan vocalist lain seperti Jimin, V, dan Jungkook. Makin ke sini, part Jin makin banyak.
 
Dari sini bisa disimpulkan bahwa: 1. Line distribution bukan cuma penting buat fans, tapi juga buat idol itu sendiri untuk menunjukkan bakat mereka semaksimal mungkin. 2. Grup yang membernya sedikti belum tentu line distribution-nya apik, grup yang member-nya banyak bisa tetap menerapkan line distribution yang adil. Gimana menurut kalian? (*)
 
 
Related Articles
Korea
Gara-gara Pandemi, Penjualan Album KPop Meroket Drastis

Korea
Inilah 15 Artis KPop dengan Follower Terbanyak di Spotify

Korea
Twitter Umumkan Statistik KPop, Indonesia Negara Paling Banyak Ngetwit