Interest

Ini Arti Ungkapan‘Tarik Sis Semongko‘ yang Viral di Media Sosial

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 20th 2020

”Tarik sis,“
”Semongko!“

Hayo, pasti sudah nggak asing lagi kan sama kalimat di atas? Entah di Twitter, komentar Instagram, sampai TikTok diramaikan dengan seruan unik satu ini. Nah, tahu nggak sih asal-usul jargon satu ini dan makna di baliknya?

Asal-Usul

Dilansir dari Detikcom, kalimat ”Tarik sis, semongko!“ ini dicetuskan oleh seorang MC acara dangdut asal Banyuwangi bernama Ridho Woyo-Woyo. Nah, kalimat ini pertama kali diucapkan di sebuah pentas dangdut di bulan Januari lalu, namun baru ramai digunakan beberapa waktu belakangan.

”Kini tinggal aku sendiri, hanya berteman dengan sepi...“  

Sedangkan lagu dangdut yang dinyanyikan setelah jargon tersebut adalah lagu berjudul Bunga. Lagu yang sering banget dijadikan sound untuk video-video TikTok yang kocak ini diciptakan oleh penyanyi Thomas Arya dan di pentas dangdut tersebut dibawakan oleh Anggun Pramudita dan band pengiringnya.

Makna sebenarnya

Mungkin kalau sekilas mendengar kalimat ”Tarik sis, semongko!“ kita bakal teringat sama istilah ”semangka“ yang merupakan singkatan dari ”semangat kakak!“. Nah, ini ada benarnya juga nih.

Tapi, sebenarnya yang dimaksud dari semongko“ ini adalah kependekan dari ”semangato sampe bongko“ atau artinya ”semangatlah sampai mati“.

Maksudnya adalah agar penampil bisa bersemangat di panggung sampai acara dangdut selesai. Kalimat penyemangat gitu deh!

Versi lain disampaikan oleh pengguna Quora bernama Achmad Mu’afi yang menyebut kalau “semongko” merupakan singkatan dari ”semangat meski mong dianggep konco“ atau artinya ”semangat walaupun hanya dianggap teman“. Waduh, cocok nih buat yang lagi kena friendzone!

Ada juga versi yang menyatakan kalau kalimat ”tarik sis, semongko“ berasal dari grup orkes dangdut asal Surabaya bernama Sera. Seperti yang dijelaskan oleh pengguna Twitter @rajief_jr, grup orkes ini punya pemain tamborin bernama Wasis dan pemain seruling bernama Wiwin.

Ketika manggung, Wiwin bakal berkata, ”tarik sis,“ yang artinya memanggil Wasis.

Lalu Wasis akan menjawab ”semongko“ yang merupakan pelesetan dari kata ”sumonggo“ yang berarti ”silakan“. Mempersilakan untuk memulai gitu.

Nah, itu dia tadi asal-usul dan makna dari ucapan “tarik sis, semongko!”. Sekarang sudah nggak bingung lagi dong~

Artikel Terkait
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Biar Aman Bepergian, Bakal Ada Paspor Vaksin Digital Berisi Data Bebas Covid-19

Interest
Disney Berencana Buka Avengers Campus Pada 2021