Tech

Google Rilis ‘Hum To Search’, Bisa Cari Lagu via Senandung Nada atau Siulan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 16th 2020

(Google)

Lagi ada lagu yang nggak bisa lepas dari kepala, tapi lupa judulnya apa? Liriknya juga nggak begitu ingat, tapi nadanya nempel banget. Duh, kalau mau cari pakai aplikasi sejenis Shazam kan harus lagu versi aslinya tuh?

Tenang, Google peka kok sama kalian-kalian yang sering berada di situasi seperti ini. Sebuah fitur bernama ”Hum to Search“ baru aja diluncurkan untuk memungkinkan kita mencari lagu hanya dengan lantunan nada yang kita nyanyikan. Bisa senandung, siulan, atau benar-benar bernyanyi.

Kita bisa menemukan fitur ini di Google Assistant dengan berkata, “Hey Google, what’s this song?” atau klik tombol microphone di bar pencari Google dan pilih “What’s the song?”. Jangan khawatir, fitur ini tersedia untuk Android dan juga iOS kok!

(Google)

Setelah kita menggumamkan nada dari lagu yang ingin kita cari sekitar 10-15 detik, Google bakal menampilkan deretan lagu yang punya kemiripan lengkap dengan persentasenya. Setelah itu, kita bisa klik deh lagunya buat kita dengar.

(Google)

Cara kerja dari fitur ini adalah mengubah audio yang kita berikan menjadi urutan angka yang membawa melodi sebuah lagu. Algoritmanya tidak memperhatikan detail seperti instrumen atau warna suara, jadi seharunya pasti bakal berfungsi walaupun kita nggak tahu nada atau justru jago bernyanyi.

’Hum to Search‘ tersedia mulai Kamis (15/10) kemarin dan bisa dioperasikan dalam bahasa Inggris di iOS dan lebih dari 20 bahasa lain untuk Android. Tentunya ada rencana untuk terus menambah bahasa lain pula!

Related Articles
Tech
Facebook Gandeng Saingannya, Zoom, untuk Facebook Portal

Interest
Tidak Lagi Repot, Kirim Pesan Line Cukup Pakai Suara via Google Assistant

Interest
Yang Terbaru dari Google di Google I/O 2019