Sport

Valentino Rossi Positif Covid-19, Yamaha Paling Banyak Kasus

Tora Nodisa

Posted on October 16th 2020

(Foto: Roadracing World)

Juara dunia MotoGP tujuh kali Valentino Rossi mengatakan hari ini, Jumat (16/10) dinyatakan positif virus corona dan akan absen di GP Aragon akhir pekan ini. Pembalap Italia berusia 41 tahun itu mengatakan bahwa dia mungkin tidak hanya absen di Aragon, tapi juga di dia juga bisa melewatkan GP Teruel pekan depan.

"Pagi ini saya bangun dan saya merasa tidak enak badan. Tulang saya sakit dan saya sedikit demam, jadi saya langsung menelepon dokter yang menguji saya dua kali," kata Rossi, seperti dikutip dari adelaidenow.com. "Hasil tes PCR cepat negatif, sama seperti tes yang saya jalani pada hari Selasa. Tapi yang kedua, yang hasilnya dikirimkan kepada saya positif. Saya sangat kecewa karena harus melewatkan balapan di Aragon."

Absennya Rossi adalah menambah panjang daftar kasus di tim Yamaha Factory Racing. Sebelumnya, enam staf teknis mereka absen pada balapan pekan lalu di Le Mans. Indikasinya ada satu anggota dinyatakan positif meski tidak menunjukkan gejala. Jadi lima orang yang sempat dekat dengannya ikut dikarantina. Dua kasus positif covid-19 yang ditemukan di kubu Yamaha menjadi kasus terbanyak di komunitas MotoGP.

"Insiden ini mengingatkan kami bahwa meski berhati-hati, risikonya selalu ada. Apalagi peningkatan penularan virus corona di Eropa sedang naik," kata direktur pelaksana tim Yamaha, Lin Jarvis.

Kondisi Rossi akan dipantau secara ketat oleh staf medis di Tavullia, Italia, tempat tinggalnya.

“Kami telah memeriksa dengan otoritas kesehatan Italia dan kami telah diberitahu bahwa setiap anggota tim kami yang melakukan kontak dengan Valentino hingga Senin tidak termasuk dalam risiko langsung,” tambah Jarvis.

Rossi, kini menjalani musim terakhir dengan Yahama Factory Racing. Tetapi bukan musim yang bagus karena dia mengalami musim yang sulit dengan tiga kecelakaan berturut-turut membuat "The Doctor" turun di urutan ke-13 klasemen musim ini.

"Saya ingin mengembalikan kepercayaan diri. Tetapi saya tidak bisa bertanding di Aragon. Saya sedih dan marah karena saya melakukan yang terbaik untuk menghormati protokol," tambahnya. "Pokoknya, begitulah adanya, dan saya tidak bisa melakukan apapun untuk mengubah situasi. Sekarang saya akan mengikuti nasihat medis, dan saya hanya berharap saya akan segera sembuh."

Masih belum jelas apakah posisi Rossi akan digantikan oleh pembalap lain. Kabarnya, Jorge Lorenzo sedang dihubungi pihak Yamaha. Tetapi semua hanya bisa dipastikan saat sesi latihan bebas besok. (*)

Related Articles
Sport
Belum Tanda Tangan Kontrak, Rossi Yakin 99% Bergabung ke Petronas Yamaha SRT

Sport
Valentino Rossi Siap Kembali Musim Ini, Tapi Belum Bisa Pastikan Musim Depan

Sport
Jadwal MotoGP Berantakan karena Coronavirus