Tech

Fitur Tweetstorm Bisa Mengubah Unggahan WordPress Jadi Thread Twitter

Ahmad Redho Nugraha

Posted on October 14th 2020

Fitur utas alias thread selama ini terdayagunakan dengan sangat maksimal dalam penyebaran informasi di antara sesama pengguna Twitter. Tapi pernahkah kamu mendengar istilah tweetstorm?

Pada awal 2020, WordPress, salah satu platform blogging memperkenalkan tweetstorm, salah satu cara membuat utas atau thread Twitter secara instan via blogpost di WordPress. Belakangan ini, WordPress mengembangkan fitur tweetstorm menjadi lebih gampang untuk dilakukan.

Kini, pengguna WordPress dapat mengonversi unggahannya menjadi thread Twitter hanya dengan beberapa kali klik.

Fitur tweetstorm bukan hanya mengonversi tulisan di blog WordPress dalam bentuk kalimat pendek sesuai jumlah karakter di Twitter, tetapi juga gambar dan video yang disematkan di dalamnya. Gambar dan video tersebut akan tersemat langsung ke dalam tweet yang dikicaukan.

Agar dapat mengakses fitur ini, pengguna WordPress pertama-tama perlu mengklik ikon jetpack yang berada di bagian atas kanan layar, kemudian menghubungkan akun mereka dengan akun Twitter terlebih dahulu.

Fitur ini dapat menyokong beberapa akun Twitter sekaligus untuk satu akun WordPress, sehingga tweetstorms dapat dilakukan di beberapa akun yang berbeda secara bersamaan.

Setelah Twitter dan WordPress terhubung, pengguna perlu memilih akun Twitter mana yang akan mereka gunakan untuk tweetstorm. Tulisan yang dipilih akan langsung terunggah dalam bentuk thread, bukan hanya satu tweet dengan pranala ke blogpost.

Pengguna Twitter juga dapat mengetikkan pesan tambahan untuk tweetstorm tersebut, semacam pesan pengantar agar pengguna lain dapat tahu apa yang dibahas. Terakhir, pengguna WordPress hanya perlu mengklk tombol "publish", lalu tweetstorm akan terunggah secara otomatis pada akun Twitter yang dipilih.

WordPress mengatakan jika mereka sangat memperhatikan format dan urutan penulisan tweetstorm, sehingga postingan blogpost dapat terbagi secara lebih natural, seolah-olah pesan-pesan di dalamnya adalah kumpulan utas yang sengaja diketik di Twitter.

Paragraf yang terlalu panjang juga akan terbagi dengan rapi menjadi beberapa tweet pendek, bukan terpotong di tengah-tengah bagian paragraf.

Fitur terbaru ini tidak mengharuskan para pengguna Twitter untuk memiliki akun WordPress terlebih dahulu untuk membaca konten yang dijadikan tweetstorm, tetapi cukup mengklik link yang terlampir.

Di lain sisi, fitur ini dapat meningkatkan jangkauan pengguna WordPress secara keseluruhan.

Fitur tweetstorm kini sudah dapat digunakan oleh semua orang. (*)

 

Related Articles
Tech
Ujicoba Fitur Baru, Instagram Tampilkan Semua Story pada Satu Layar

Tech
Microsoft Rilis Fitur Transcribe dan Dictate untuk Word

Tech
Facebook "Matikan" Aplikasi Uji Coba Mereka, Lasso dan Hobbi