Sport

Danilo Petruci Menangi GP Perancis, Juara Ke-7 dalam Sembilan Balapan Terakhir

Tora Nodisa

Posted on October 12th 2020

(Foto: MotoGP)

Danilo Petrucci (Ducati Team) muncul sebagai pemenang GP Perancis, yang menjadi balapan pertama di track basah alias hujan, Minggu (11/10). Petrucci menjadi pembalap ketujuh yang menang di sembilan balapan MotoGP. Jadi musim ini benar-benar seru, karena tidak ada pembalap yang mendominasi.

Di belakang Petrucci, muncul Alex Marquez dari Repsol Honda Team. Adik Marc Marquez tersebut mengakhiri paceklik podium Honda saat kakaknya belum bisa turun ke sirkuit. Sedangkan di posisi ketiga ada Pol Espargaro dari Red Bull KTM Factory Racing yang terpaut 1,7 detik dari pembalap pertama.

Pada GP Perancis, pembalap yang terlibat perburuan gelar ersaing sengit. Sayangnya mereka tercecer di belakang. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) hanya finis di urutan ke-9, Maverick ViƱales (Monster Energy Yamaha MotoGP) di urutan ke-10. Sementara Andrea Dovizioso (Tim Ducati) sedikit beruntung karena bisa finis di urutan ke-4.

Sebelum lampu start padam, semua mata mengarah ke langit saat awan abu-abu gelap bergulir mengancam. Angin bertiup kencang, begitu juga ketegangan di sirkuit. Lima menit jelang balapan, hujan deras turun. Race Direction mengkonfirmasi bahwa Prosedur Rain On Grid sedang berjalan. Akhirnya balapan dinyatakan berstatus 'Wet Race'. Para pembalap mulai menukar motornya di pit. Mereka bisa mengganti motor kapan saja ketiga sirkuit sudah kering.

Dalam balapan, terjadi beberapa kali pergeseran pemimpin lomba. Di sisa empat lap, terjadi persaingan antara Pol, Marquez dan Dovizioso. Sementara Petrucci sudah unggul 1,7 detik di posisi pertama. Alex Marquez yang berusaha memburu Petrucci hanya bisa menipiskan jarak dengan selisih 1,2 detik saja. Pol akhirnya punya kesempatan melaju, setelah Dovi terlibat persaingan dengan Miguel Oliviera dan Johan Zarco.

Fabio Quantararo saat ini masih memimpin klasemen sementara MotoGP 2020 dengan 115 poin. Di belakangnya ada Joan Mirr dengan 105 poin, dan posisi ketiga ditempati Andrea Dovizioso dengan perolehan 97 poin.

Balapan selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Aragon Spanyol, pada 18 Oktober 2020. (*)

Related Articles
Sport
Maverick Vinales Menang, Persaingan Puncak Klasemen Memanas

Sport
Alex Marquez Mengakui Hanya Kakaknya yang Mampu Kendalikan Honda

Sport
KTM Rilis Line-up Pembalap Untuk MotoGP 2021