Lifestyle

Gampang Terdistraksi? Ini 3 Cara Melatih dan Meningkatkan Kemampuan Fokus

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 11th 2020

Lagi ngerjain tugas yang deadlinenya mepet, tapi sering terdistraksi hal-hal lain? Entah main TikTok dulu, cari playlist Spotify yang cocok dulu, dan banyak lagi kegiatan yang kita lakukan selain yang seharusnya dikerjakan.

Dilansir dari NY Times, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard membuktikan kalau sebenarnya pikiran orang rata-rata berpetualang 47% dari total waktu yang ada. Jadi, hampir setengah dari waktu ketika kita mengerjakan sesuatu, pikiran kita itu ada di tempat lain.

Nah, mangkanya kita perlu banget melatih kemampuan fokus kita. Walaupun nggak terlihat, sebenarnya fokus adalah sebuah skill yang bisa diasah dan terus meningkat. Kalau fokus naik, produktivitas juga naik deh karena pekerjaan cepat selesai. Nah, simak beberapa tips melatih fokus di bawah ini!

Jauhi hal-hal yang menggoda

Jelas. Kalau kita gampang tergoda sama media sosial, matikan notifikasinya atau uninstall dulu selama butuh waktu fokus. Bisa juga pakai aplikasi pemblokir yang diatur waktunya, jadi kita nggak bisa buka aplikasi penggoda sampai waktu yang kita tentukan.

Kalau ingin melawan distraksi, jangan hanya andalkan keinginan. Buat situasi di mana kita sulit mengakses godaana tersebut juga. Gampang nggak fokus karena smartphone? Letakkan dulu di tempat yang sulit dijangkau. Atau bisa pakai aplikasi fokus seperti Forest yang mengunci ponsel sampai waktu yang ditentukan.

Bikin jadwal yang detail

Kita bakal produktif dengan maksimal kalau tahu bagaimana satu hari bakal berjalan. Nah, caranya adalah pastinya membuat jadwal per hari. Tapi, lebih baik bikin jadwal di kalender lengkap dengan jamnya daripada membuat to-do-list lho.

Dengan adanya jam yang detail, kita punya pengingat jam segini harus begini, jam segitu harus begitu. Kalau hanya daftar kegiatan, kecenderungannya adalah menunda dan jadinya nggak mencoret satu pun kegiatan di daftar.

Tanya diri sendiri

Sering kali sebenarnya kita hidup, tapi nggak berada di waktu saat ini alias tidak mindful. Akhirnya, terkadang alasan di balik kenapa kita suka gak fokus adalah sebenarnya kita mencari jalan keluar dari kebosanan, stres, kecemasan, atau kesepian.

Biar tahu apa yang sebenarnya kita rasakan, ambil waktu untuk berpikir dan fokus ke diri sendiri. Jangan terus-terusan ikut arus kegiatan yang mengaburkan apa perasaan kita sebenarnya.

Coba juga untuk mematikan semua notifikasi gadget, karena umumnya dari sana lah godaan muncul paling banyak. Coba selama 20 menit aja fokus ke suatu pekerjaan tanpa gangguan notifikasi, lalu pikirkan bagaimana perasaan kita ketika fokus.

Pastinya ketika berhasil fokus, ada perasaan bangga atau senang berhasil melaluinya. Bandingkan dengan menghabiskan waktu memilih menuruti godaan, perasaannya pasti beda. Nah, ingat-ingat kalau berhasil fokus, kita dapat reward yang menyenangkan.(*)

Related Articles
Lifestyle
5 Tips untuk Lebih Fokus dan Gak Gampang Terdistraksi Selama Pandemi

Current Issues
Susah Ngatur Waktu? Coba Deh Teknik Block Scheduling yang Dipakai Bill Gates!

Lifestyle
Sering Makan Sambil Nonton Video? Coba Hentikan dengan Mindful Eating