Tech

Google Meet Akan Rilis Fitur Breakout Rooms, Kelompok Kecil di Meeting yang Sama

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 11th 2020


(9to5Google)

Kangen sama diskusi kelompok di kelas ketika ada tugas? Tenang, Google peka kok sama kerinduan ini. Platform video konferensi milik perusahaan tersebut, Google Meet, bakal punya fitur baru yaitu breakout rooms.

Fitur ini sama seperti ketika guru di kelas membagi murid menjadi beberapa kelompok kecil. Kalau di Google Meet, moderator atau host bisa membentuk sejumlah kelompok secara langsung. Anggota meeting bakal otomatis berpindah ke meeting yang hanya berisikan anggota kelompok aja, tapi masih di dalam meeting utama.

Kumpulan anggota terpilih secara acak, tapi moderator bisa dengan mudah memindah-mindahkan anggota kelompok untuk menyesuaikan. Nah, kelompok-kelompok kecil ini bisa secara bergiliran didatangi host untuk konsultasi, persis seperti ketika ada di kelas normal gitu deh!

Ada juga fitur timer atau shuffle untuk breakout rooms ini. Semua kendali dipegang oleh moderator atau admin. Dalam satu meeting, Google Meet juga memungkinkan host untuk membentuk sampai 100 breakout rooms. Keren kan?


Tampilan breakout rooms (9to5Google)

Untuk saat ini, fitur pembentuk kelompok-kelompok kecil ini masih terbatas pada pelanggan G Suite Enterprise for Education. Tapi tenang, fitur ini bakal hadir juga kok untuk pelanggan G Suite lain dan juga pengguna Google Workspace.

Di sisi lain, aplikasi saingannya yaitu Zoom sudah memiliki fitur serupa sejak 2015. Untuk Zoom, kelompok yang terbentuk maksimal hanya 50 kelompok dalam satu meeting, yang artinya setengah dari yang ditawarkan fitur baru Google Meet.(*)

Related Articles
Tech
7 Chrome Extension Untuk Mempermudah Belajar Online Biar Makin Produktif!

Tech
Backround di Google Meet Bisa Jadi Blur lho! Ini Caranya

Tech
Akhirnya Google Meet Rilis Fitur Virtual Background, Berusaha Mengejar Zoom