Interest

7 Rekomendasi Website Penyedia Ilustrasi Kece untuk Mempercantik Desain Kamu!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 9th 2020

 

Punya tugas desain tapi terasa kurang menarik? Mungkin kamu harus menambahkan beberapa ilustrasi di desain kamu, mau itu poster, presentasi, atau dokumen lain.

Nah, biar kamu nggak bingung cari sumber ilustrasi yang cocok, nih ada tujuh rekomendasi website ilustrasi kece yang gratis buat level up desain kamu. Yuk simak!

1. blush.design

Yang bikin unik adalah website ini menyediakan cukup banyak template ilustrasi yang bisa kita ubah sesuai dengan selera kita! Sudah ada dasarnya dulu, misalnya satu orang membaca. Kita bisa ganti deh gender, warna kulit, rambut, pakaian, blob, dan perintilan lain. Bisa terlihat lebih orisinal gitu deh!

Pengguna gratis bisa unduh dalam format PNG kecil dan sedang. Lumayan lah buat hiasan presentasi atau poster. Kalau butuh file PNG yang lebih HD atau SVG, perlu langganan premium dulu nih.

Semua ilustrasi di sini nggak perlu ribet mencantumkan sumber juga karena boleh digunakan untuk personal atau komersial.

Hasil Blush Design. Lucu banget!

 

2. absurd.design

Di antara deretan sumber ilustrasi, website ini bisa dibilang punya gaya piang unik. Ilustrasi di sini bertema surealis, berwarna hitam putih sederhana namun unik.

Gambar-gambar di sini boleh dipakai untuk kepentingan pribadi atau komersial. Tapi, untuk yang gratis kita cuma dapat sekitar 15 pilihan ilustrasi aja nih. Sisanya, kita bisa beli dalam paket per chapter yang disajikan.

 

3. opendoodles.com

Sesuai namanya, website ini menyediakan ilustrasi dalam gaya doodle yang lucu-lucu dan sederhana. Berbagai kegiatan manusia seperti membaca, mendengar musik, selfie, menari, dan banyak lagi bisa kita unduh secara gratis dalam format PNG atau SVG. Nggak perlu khawatir sama lisensi, gak perlu mencantumkan sumber, karena sudah public domain nih.

Memang hanya ada puluhan ilustrasi sih, tapi style artworknya bisa banget kita pakai buat meramaikan desain yang kita buat. Kita juga bisa padukan dengan warna background biar lebih oke!

 

4. error404.fun

Website ini memang fun banget karena punya banyak jenis gaya ilustrasi yang keren banget! Mulai dari ilustrasi dengan tokoh imajinatif seperti dinosaurus dan naga sampai kegiatan manusia penjelajah, astronot, dan main musik dengan warna-warna yang eye-catching.

Mirip seperti Absurd Design, kita cuma bisa mendapat 23 ilustrasi dalam format PNG dan SVG untuk paket gratis. Kalau mau pilih ilustrasi tanpa batas, harus langganan dulu.

 

5. manypixels.co/gallery

Butuh kumpulan ilustrasi dengan warna dan gaya yang senada? ManyPixels bisa jadi yang paling gampang dan lengkap. Di sini kita diberi cukup banyak pilihan gaya mulai dari monochromatic (gambar dengan satu warna dasar), isometric (gambar dua dimensi tapi punya ruang di beberapa bagian), dua warna, flatline, dan outline.

Tinggal atur warna dasar yang kita mau, pilih gambar yang diinginkan, unduh deh dalam format PNG atau SVG.

Hasil dari Many Pixels

 

6. icons8.com/illustration

Banyak banget gaya ilustrasi tersedia di sini! Kita bisa cari dengan kata kunci atau langsung pilih paket ilustrasi yang ada. Semua ilustrasi di sini bisa diunduh gratis dalam format PNG nih, tapi kalau mau kualitasnya lebih bagus atau format SVG, ada paket langganan yang harus kita beli.

Jangan lupa, kalau kita unduh secara gratis, website ini juga mewajibkan kita untuk mencatumkan sang ilustrator dan Icons8.com.

Illustration by Olha Khomich from Icons8

 

7. usesmash.com

Mirip sama website Error 404, di Smash Illustrations kita juga diberikan kumpulan ilustrasi gratis yang bisa kita pakai untuk kepentingan pribadi atau komersial. Ada 20 ilustrasi kece dalam PNG dan SVG yang punya cocok buat presentasi bisnis dalam paket gratis, tapi kalau coba style yang lain, kita harus langganan dulu.

Contoh ilustrasi Smash Illustrations

Related Articles
Tech
5 Rekomendasi Website Desain Cepat dan Kece Selain Canva + Review dan Hasilnya

Lifestyle
17 Kata Kunci Ilustrasi Canva yang Bikin Desainmu Makin Estetik

Lifestyle
Hey Milenial, Ini Lho Cara Cerdas Cari Kerja Secara Online