Tech

Kini Lebih Mudah Temukan File di WhatsApp dengan Advanced Search

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 9th 2020

(Slodkowski/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Suka mengirim file lewat WhatsApp? Entah itu video, dokumen, foto, audio, GIF, dan lain-lain. Nah, kalau dulu kita agak ribet kalau mau menemukannya lagi di antara tumpukan chat yang banyak, kini aplikasi chat milik Facebook ini memudahkan pengguna dengan fitur Advanced Search.

Fitur pencarian tingkat lanjut ini memungkinkan kita menemukan file tertentu melalui search bar yang bias akita gunakan untuk mencari kontak atau chat. Nah, di update ini, kita bisa pilih jenis file apa yang ingin kita temukan.

Fitur pencarian ini sebenarnya sudah mulai muncul sejak April lalu. Namun, hanya segelintir yang mendapatkannya. Kini semua orang bisa emngakses pembaruan tersebut. 

Cara menggunakannya mudah. Tinggal klik kolom pencari yang ada di bagian atas layar seperti biasa. Kalau kamu sudah mendapatkan update, tinggal klik jenis file yang mau dicari dan masukkan kata kunci yang sesuai dengan nama file.

Contoh pencarian file video (WABetaInfo)

Jika fitur ini belum bisa digunakan, sabar dulu ya. Dilansir dari Android Authority, sebenarnya fitur ini bisa didapatkan tanpa perlu memperbarui aplikasi karena merupakan perbaruan server-side. Kalau kamu pengguna Whatsapp Beta, kemungkinan kamu sudah memiliki fitur pencarian ini.

Sebelumnya, Whatsapp juga akan mengenalkan fitur mute untuk kontak atau grup untuk selamanya sebagai pengganti pilihan mute selama satu tahun. Selain itu, ada juga pembaruan dalam jumlah partisipan panggilan telepon dan juga video call. Nah, kamu sudah dapat semua update ini belum nih? (*)

Related Articles
Tech
WhatsApp Permudah Kita Bersihin File Dengan Manajemen Penyimpanan Terbaru

Tech
WhatsApp Bakal Rilis Fitur Pesan Menghilang, Cocok Buat Bicarain Rahasia

Tech
WhatsApp Bakal Rilis Fitur Call dan Video Call Grup untuk Versi Web dan PC