Entertainment

Kenalan Sama Para Selebgram "Buatan"

Fidya Citra

Posted on July 16th 2018

Jadi selebgram atau influencer emang udah jadi impian banyak orang. Gimana nggak? Endorse-an sana sini tiada henti membanjiri. Barang di tangan, uang nggak sekedar jadi angan-angan. Mau kamu masih sekolah, masih kuliah, atau udah kerja, kamu tetep bisa jadi selebgram!

Tau nggak kenapa selebgram atau influencer selalu sukses mempengaruhi kita melakukan sesuatu, kayak beli barang yang sebenernya kita nggak butuh? Karena selebgram berhasil membuat kita merasa nggak ada jarak antara dunia nyata dengan dunia maya. Jadi berasanya kita kayak temenan aja sama para selebgram atau influencer.

Hal ini semakin disahihkan dengan kehadiran Lil Miquela, seorang selebgram virtual. Lil Miquela membuktikan bahwa nggak perlu nyata dan ada untuk terkenal. Eits! Rupanya bukan Cuma Lil Miquela yang sukses jadi selebgram virtual. Siapa aja ya selebgram virtual yang bikin kamu wondering “Ini orang beneran bukan sih???”

Memiliki followers 1,3 juta, Lil Miquela atau Miquela Sousa dideskripsikan sebagai “a 19 year old Spanish-Brazilian American digital art”. Nggak Cuma sukses jadi selebgram dengan followers 1,3 juta aja, Lil Miquela juga memiliki fans yang bernama “Miquelites”. Miquela bisa terkenal selain karena sempat menimbulkan pertanyaan “real or fiction?” juga karena fotonya terlihat begitu nyata, dan berhasil menampilkan sosok anak muda yang keren (dia datang ke galeri seni, pake baju desainer trendi). Nggak heran banyak brand ternama seperti Chanel, Prada, dan Supreme menjadikan Miquela sebagai icon.

Blawko yang dikenal lewat akun @blawko22 memang belum memiliki followers sebanyak Lil Miquela, jumlahnya baru menginjak 103.000 namun kedua sosok ini rupanya hidup di satu universe yang sama. Terbukti, beberapa kali terlihat berfoto bersama sang ratu selebgram virtual, Lil Miquela. Postingan Instagram-nya seperti akun cowok pada umumnya, Blawko banyak posting tentang Games, Meme, lengkap dengan foto ootd nggak keliatan muka khas anak-anak hypebis jaman now.

Di saat Miquela dan Blawko suka bikin kita bertanya-tanya “Is it real or only fiction?”, beda dengan Lil Wavi yang jelas terlihat nggak nyata. Biar begitu, feeds @lil_wavi tetap goals karena memanjakan mata kita dengan berbagai foto designer clothes yang ditampilkan.  I am pretty sure, if they made one Lil Wavi will be a cool game icon.

Setelah kenalan sama para selebgram "buatan" jadi tau dong kalo nggak semua hal yang ada di Instagram itu "real". Nah, berarti nggak semua hal bisa kamu terima dan serap begitu saja. Bedain yang mana #goals beneran sama yang mana bukan #goals.  

 

Related Articles
Current Issues
Sulitnya jadi Influencer: Sering di-Bully dan Rentan Gangguan Mental

Tech
Makin Mudah, Kini Pengguna Instagram Bisa Kumpulkan Donasi Saat Siaran Live

Opinion
Balada Jadi Influencer