Current Issues

Vaksin Covid-19 Eksperimental Tiongkok Lolos Uji Klinis Tahap Awal

Dwiwa

Posted on October 8th 2020

Semakin meluasnya pandemi Covid-19 membuat para ilmuwan berusaha secepat mungkin menemukan vaksin yang efektif. Beberapa kandidat vaksin potensial pun tengah dalam tahap uji coba dan menunjukkan hasil yang cukup menjanjikan.

Dilansir dari Reuters, salah satu vaksin yang cukup menjanjikan ini dibuat oleh Institute of Medical Biology di bawah Chinese Academy of Medical Science. Dalam pengujian tahap pertama terhadap 191 sukarelawan sehat berumur 18 hingga 59 tahun, tidak ditemukan adanya reaksi merugikan yang parah.

Hasil uji coba ini dipublikasikan dalam sebuah makalah yang diposting di server pracetak medRxiv dan belum mendapat tinjauan dari rekan sejawat.

Menurut laporan itu, efek samping yang ditimbulkan hanya sebatas nyeri ringan, sedikit kelelahan dan kemerahan, gatal dan bengkak di tempat suntikan. Selain itu, vaksin ini juga memicu respon imun pada sukarelawan.

“Semua data yang diperoleh dalam uji coba ini mendukung keamanan dan imunogenisitas dari vaksin tidak aktif dan mendorong penelitian lebih lanjut tentang  kemanjurannya di masa depan,” jelas makalah tersebut.

Tiongkok sendiri telah menginokulasi ratusan ribu para pekerja garda depan dan kelompok lain yang dianggap berisiko tinggi dengan vaksin lain, bahkan ketika uji klinis belum sepenuhnya selesai. Hal ini membuat para ahli merasa khawatir tentang keamanannya.

Di Negeri Tirai Bambu ini, setidaknya sudah ada empat vaksin eksperimental yang berada dalam tahap akhir pengujian klinis. (*)

 

Artikel Terkait
Current Issues
Dapatkah Vaksin Pertama Covid-19 Menghasilkan Herd Immunity?

Current Issues
Waduh, Cuma 50 Persen Warga Amerika Serikat yang Mau Divaksin

Current Issues
WHO Sebut Ada Harapan Vaksin Covid-19 Bisa tersedia pada Akhir Tahun Ini