Current Issues

WHO Sebut Ada Harapan Vaksin Covid-19 Bisa tersedia pada Akhir Tahun Ini

Dwiwa

Posted on October 7th 2020

 

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut jika vaksin Covid-19 mungkin tersedia pada akhir tahun ini. Karena itu, dia menyerukan solidaritas dan komitmen politik dari semua pemimpin untuk memastikan distribusi vaksin secara merata saat sudah tersedia.

“Kita akan membutuhkan vaksin dan harapannya akhir tahun ini mungkin kita bisa memiliki vaksin. Ada harapan,” ujarnya dalam sambutan terakhir kepada Dewan Eksekutif WHO, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Dilansir dari Reuters, sudah ada sembilan vaksin eksperimental yang tengah disiapkan oleh fasilitas vaksin global COVAX WHO yang bertujuan untuk mendistribusikan 2 miliar dosis vaksin pada akhir 2021.

Pemerintahan Presiden Amerika Donald Trump telah mengecam keras peran WHO dalam mengatasi krisis Covid-19. Mereka menuduh WHO terlalu dekat dengan Tiongkok dan tidak cukup mempertanyakan sikap Beijing pada akhir tahun lalu saat virus pertama muncul di Wuhan.

Tedros telah menolak tuduhan itu dan mengatakan jika agensinya telah memberikan informasi yang mereka tahu pada dunia.

“Kami berharap mendapat pelajaran nyata yang dapat kita implementasikan dan mencegah hal yang sama terulang. Tetapi aku memastikan pada kalian jika WHO siap untuk belajar dari ini dan mengubah organisasi ini. Selama transformasi, kami menjanjikan hal ini, kami berjanji akan terus berubah secara konstan,” ujar Tedris mengacu pada programnya sejak memimpin pada 2017. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Meski Ada Vaksin Covid-19, Kehidupan Diperkirakan Baru Akan Normal Pada 2022

Current Issues
Anak Muda Harus Sabar, Jatah Vaksin Covid-19 Mungkin Baru Didapat Pada 2022

Current Issues
Vaksin Covid-19 Mungkin Tidak Akan Langsung Menyelesaikan Pandemi Covid-19