Tech

5 Rekomendasi Website Desain Cepat dan Kece Selain Canva + Review dan Hasilnya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 7th 2020

(Freepik)

Hayo, siapa yang kalau dapat tugas desain suka pakai Canva? Memang sih, aplikasi atau website satu ini jadi andalan banyak orang terutama yang ngggak terlalu ahli mendesain. Tapi, ternyata banyak lho website dengan layanan yang sama dan punya banyak kelebihan juga! Mau tahu apa aja? Nih beberapa di antaranya.

1. Freepik Editor

Ada banyak template kartu nama, feeds Instagram, InstaStory, flyer, kartu ucapan, undangan, logo, CV, poster, menu, wallpaper komputer, dan banyak lagi. Templatenya lumayan nggak pasaran dibanding beberapa desain Canva yang overused.

Secara alat dan elemen untuk desain, mirip-mirip aja sih sama website sebelah. Yang membedakan di sini kita bisa punya akses ke ilustrasi Freepik yang kece abis secara gratis dan mudah dicari. Tinggal cari di elemen aja pakai kata kunci yang kita mau, muncul deh deretan ilustrasi yang semuanya gratis.

Elemennya lucu-lucu banget~

Kalau mau simpan desain kita buat diedit lagi, jangan lupa log in atau sign up dulu. Setelah tadi dicoba, ternyata hasil dari website ini terhitung HD banget lho untuk website desain instan!

Sayangnya Freepik Editor masih versi beta, jadi belum rilis resmi dan kemungkinan masih banyak bug. Tapi secara keseluruhan oke banget buat desain-desain cepat.

 Desain InstaStory dengan dimensi 1080 x 1920 px, ukuran filenya 5 MB.

2. designbold.com

Website satu ini punya klaim kalau platform mereka asyik dan minim usaha buat menghasilkan desain yang kece. Template yang tersedia beragam, mirip lah sama aplikasi fast design lain.

Tools di Design Bold

Secara alat dan elemen untuk desain, mirip-mirip juga sama website lain. Bedanya di sini ada pilihan untuk memasukkan pie chart, grafik, atau gambar peta yang bisa kita sesuaikan warnanya.

Buat mengunduh hasil desain, kita diwajibkan buat sign-in. Kita bisa pilih mau langsung unduh ke perangkat kita atau ke Google Drive. Hasilnya? HD, tapi kurang dari Freepik Editor.

Desain InstaStory dengan dimensi 1080 x 1920 px, ukuran filenya 200 KB.

 

3. snappa.com

Pertama kali mau mulai, kita harus langsung daftar akun dulu nih. Snappa agak berbeda karena bukan menampilkan deretan template siap pakai seperti Design Bold sama Freepik, website ini justru meminta kita memilih ukuran desain dulu. Mau custom dalam pixel atau ukuran unggahan media sosial tertentu, harus kita pilih dulu salah satu baru deh kita disajikan deretan template.

Snappa juga lebih fokus ke desain untuk unggahan media sosial. Desain seperti CV, kartu nama, atau kartu ucapan dan sejenisnya nggak tersedia di sini. Tapi bisa kok kamu modifikasi dari template yang sudah ada.

Tools-nya mirip-mirip aja, elemen icon sama ilustrasinya unik-unik walau nggak terlalu beragam. Yang menarik adalah website ini punya “batas aman” untuk setiap desain kita. Contohnya di desain InstaStory, ada wilayah berwarna abu-abu sebagai patokan agar kita tidak menaruh elemen desain di sana. Jadi kalau diunggah di story, desain bakal aman dari ketutupan nama profil Instagram atau tombol swipe up.

Buat hasil jadinya, Snappa kurang HD dibanding website sebelum-sebelumnya. Mungkin bisa kita atur biar resolusinya beberapa kali lebih besar biar hasilnya lebih tajam.

Desain InstaStory dengan dimensi 2160 x 3840 px, ukuran filenya 424 KB (pilih mode Retina PNG)

 

4. designer.gravit.io

Pertama kali masuk langsung diminta daftar dan terpampang pilihan langganan versi pro. Muncul juga rekomendasi buat pakai browser Chrome atau Firefox buat website ini karena fitur-fiturnya lebih lancar di sana.

Website ini memang punya template yang terbatas, nggak sebanyak website-website sebelumnya. Tapi, peralatan dan pengaturannya jauh lebih banyak dan cocok untuk desain yang lebih profesional. Mirip aplikasi desain grafis beneran, jadi kurang ramah untuk yang gak begitu paham desain.

Tools di Designer Gravit

Buat hasilnya, kita bisa pilih beberapa mode. Untuk hasil original, cukup HD, tapi kalau mau lebih tajam, saat export bisa pilih versi 3x. Kita juga bisa simpan desain kita ke Gravit Cloud, layanan penyimpanan yang dimiliki website ini sendiri.

Desain dengan dimensi 2400 x 3600 px, ukuran filenya 645 KB

 

5. visme.co

Saat masuk kita diwajibkan untuk daftar dulu nih. Visme juga menawarkan beberapa pelatihan desain yang bisa kita ikuti.

Mirip seperti Snappa, kita diminta memilih ukuran desain dulu alih-alih disodorkan banyak template. Sayangnya di sini pilihan template terhitung nggak terlalu beragam dan banyak yang butuh langganan premium.

Menariknya, di sini tersedia template animasi (yang justru mayoritas gratis, yang template desain biasa malah kebanyakan butuh premium). Tapi tapi tapi, ada watermarknya dan kalau mau diunduh sebagai video, GIF, atau PNG, harus premium dulu.

Desain InstaStory dengan dimensi 1080 x 1920 px, ukuran filenya 340 KB

Nah, website yang mana nih yang mau kamu coba? (*)

Artikel Terkait
Tech
Polotno Studio, Web Desain Mirip Canva yang Semua Fiturnya Gratis

Lifestyle
5 Skill yang Perlu Dipelajari sebelum Kuliah, Biar Siap Hadapi Dunia Baru

Tech
13 Kata Kunci Template Media Sosial Canva yang Estetik Banget