Interest

Putus Cinta Saat Pandemi Covid-19? Ini Tips Biar Kalian Tetap Strong

Dwiwa

Posted on October 6th 2020

Apa yang biasanya kalian lakukan jika putus cinta? Jalan-jalan bersama teman-teman ke luar kota? Cuti sejenak dari pekerjaan dan memilih untuk pulang kampung? Atau justru menghabiskan waktu berjam-jam untuk menekuni hobi yang selama ini mungkin terlupakan?

Tetapi semenjak pandemi Covid-19 menyerang, semua tidak lagi bisa sesederhana itu. Banyak orang bekerja dari rumah atau bahkan kehilangan pekerjaan. Bertemu dengan teman atau pun jalan-jalan juga menimbulkan banyak risiko dan tantangan.

Dilansir dari Insider, menurut data dari Dating.com, survei yang dilakukan pada 2 ribu penggunanya mengungkap jika 67 persen diataranya putus pada 2020. Angka ini naik tajam dari tahun sebelumnya yang hanya 35 persen, dan kabar buruknya 25 persen diantaranya masih tinggal bersama mantan. Aduh pasti nyesek.

Menurut terapis hubungan asal Kota New York, Veronica Chin Hing-Michaluk, putus di saat seperti ini dapat terasa seperti memutuskan hubungan dengan manusia.

Nah, jika kalian adalah satu di antara orang-orang yang tengah putus cinta selama masa pandemi ini, berikut ada beberapa tips nih yang bisa dilakukan biar tetap kuat meski harus menghadapi kenyataan pahit.

1. Buat Aktivitas Mingguan yang Terjadwal

Terbiasa menghabiskan waktu dengan pasangan akan membuat kalian merasa memiliki banyak waktu kosong ketika baru putus. Hal ini tentu membuat kalian merasa tidak tahu harus berbuat apa. Bahkan keadaan itu bisa membuat kalian terlalu tenggelam memikirkan masa lalu.

Agar tidak terjebak dalam keadaan itu, Chin Hing-Michaluk merekomendasikan untuk menemukan aktivitas menyenangkan sepanjang minggu. Selain itu, kalian juga bisa mengambil pekerjaan yang bisa membangun hubungan dengan orang lain.

“Sangat mudah untuk kehilangan waktu ketika kalian berada di rumah 24/7  dan bahkan lebih mudah saat putus. Sekarang adalah waktunya terlibat dalam aktivitas yang menguatkan hidup, melakukannya sepanjang minggu untuk meminimalkan potensi terjebak dalam pikiran buruk,” ujar Chin Hing-Minchaluk.

Membuat panggilan rutin setiap minggu kepada teman-teman baik kalian, terlibat proyek jangka panjang, jalan-jalan bersama tetangga dengan tetap menerapkan jarak sosial, atau duduk-duduk di taman bersama anggota keluarga dapat membuat hidup lebih baik.

 

2. Berkebun atau Mengadopsi Hewan

Cara lain untuk bisa memiliki aktivitas rutin dan membuat kalian lebih bertanggung jawab adalah dengan mengadopsi hewan peliharaan, memelihara ikan di akuarium, atau menanam tanaman di kebun yang perlu untuk selalu diperiksa.

Memelihara mereka dapat membuat kalian lebih gembira, membuat kalian lebih terjadwal, dan setidaknya membuat kalian merasa memiliki pendamping. Tanaman rumah bahkan telah terbukti menurunkan stress yang memberi manfaat tambahan selama pandemi.

 

3. Bergabung dengan Klub Buku atau Komunitas Hobi yang Berkumpul Secara Rutin dan Virtual

Putus cinta tentu menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk membangun lebih banyak jaringan sosial dalam hidup kita. Jadi mengapa tidak dimanfaatkan kondisi pasca putus ini untuk terlibat dalam aktivitas kelompok yang memiliki minat sama dan secara rutin melakukan pertemuan, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang aman.

“Bergabung dengan klub buku atau kelompok dukungan yang sebaya dapat sangat membantu bagi mereka yang menyukai komunitas,” ujar Chin Hing-Michaluk.

 

4. Latihan Menulis untuk Merefleksikan Seberapa Banyak Kalian Sudah Tumbuh dan Berubah

Kalian mungkin menjadi terlalu keras pada diri sendiri setelah putus, tetapi perubahan hidup yang signifikan dapat menjadi peluang untuk pertumbuhan emosional. Pikirkan tentang seberapa jauh yang telah kalian capai dan berdamailah dengan dirimu.

“Renungkan dan ingat. Saat kalian memiliki kapasitas emosional, renungkan bagaimana rasanya kalian menjalani hubungan sebelumnya. Apakah kalian telah tumbuh dan berubah sebagai pribadi? Dapatkah kalian merayakan pertumbuhan itu? Adakah hal yang bisa dijadikan pelajaran dari pengalaman ini yang belum bisa kalian hargai?” katanya.

Membuat jurnal tentang cara bagaimana kalian berubah, menuliskan kata-kata penguat tentang diri kalian yang bisa diucapkan setiap pagi, dan menyisihkan waktu untuk bermeditasi adalah langkah nyata yang bisa kalian ambil untuk memahami pertumbuhan kalian selama setahun terakhir.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kalian lakukan biar tetap strong meski baru putus. Sedih boleh-boleh saja, tapi jangan berlarut-larut yah. Jadikan saja ini kesempatan untuk menjadi lebih baik dan membuat mantan menyesal. Semangat! (*)

Related Articles
Interest
Biar Nggak Kelihatan Jahat, Lakukan Tips Ini Saat Ingin Putus!

Current Issues
Apakah Patah Hati Bisa Buat Kamu Mati?

Current Issues
Balikan Sama Mantan Adalah Keputusan Terbodoh