Current Issues

WHO: 1 Dari  10 Orang Mungkin Sudah Tertular Covid-19

Dwiwa

Posted on October 6th 2020

 

Kasus Covid-19 semakin  menyebar luas. Dari yang awalnya ditemukan di Wuhan pada akhir tahun lalu, penyakit yang disebabkan virus SARS-Cov-2 ini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia dan menginfeksi lebih dari 35,6 juta jiwa, dengan 1.045.953 diantaranya meninggal dunia menurut data Worldometer.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap jika secara kasar diperkirakan satu dari sepuluh orang di dunia sudah terpapar oleh virus ini. Dilansir dari Reuters, ahli kedaruratan WHO Mike Ryan mengatakan jika pandemi melonjak di beberapa negara Asia Tenggara, Eropa hingga Mediterania sisi timur.

“Perkiraan terbaik kami saat ini mengungkap sekitar 10 persen dari populasi global mungkin telah terinfeksi virus ini. Ini bervariasi tergantung dari negara, pedesaan atau perkotaan, dan bervariasi tergantung kelompok. Tetapi yang dimaksud adalah sebagian besar dunia tetap berisiko,” ujarnya.

Dia pun menyebut jika dunia saat ini sedang dalam masa sulit karena penyakit ini terus menyebar. Meski begitu, dunia memiliki alat yang dapat berfungsi untuk menekan penularan dan menyelamatkan nyawa dan siap untuk digunakan.

WHO dan para ahli mengatakan jika virus ini diyakini berasal dari pasar basah di kota Wuhan, Tiongkok pada akhir tahun lalu dan berasal dari hewan. WHO juga sudah mengirimkan sejumlah ahli untuk melakukan penyelidikan.

Sementara itu dilansir dari BBC, Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan jika ada perbedaan yang mencolok dalam jumlah kasus di seluruh dunia.

“Meskipun semua negara tedampak virus, tetapi kita harus ingat ini pandemi yang tidak merata. 10 negara menyumbang 70 persen dari semua kasus dan kematian yang dilaporkan dan tida negara sudah menyumbang separuhnya,” ujarnya. (*)

Related Articles
Current Issues
Dirjen WHO: Herd Immunity Respon Pendekatan Pandemi yang Tak Etis

Current Issues
Meski Ada Vaksin Covid-19, Kehidupan Diperkirakan Baru Akan Normal Pada 2022

Current Issues
Kematian Akibat Covid-19 Tembus Sejuta, Apa yang Harus Dilakukan?