Current Issues

Pemerintah Tetapkan Harga Tes Swab Covid-19 Hanya Rp 900.000

Dwiwa

Posted on October 4th 2020

Selama berbulan-bulan semenjak pandemi Covid-19, harga tes swab dan reverse transcription-polymerase chain reaction (RT-PCR) mandiri telah menjadi polemik di masyarakat.

Fasilitas kesehatan yang menyediakan tes ini secara mandiri mematok harga pengujian di angka 6 digit, sebuah kendala yang membuat masyarakat menjerit ketika ingin melakukan pengujian mandiri.

Tetapi untungnya, pemerintah baru-baru ini telah menetapkan batasan harga tertinggi untuk tes swab PCR mandiri di angka Rp 900 ribu. Dilansir dari The Jakarta Post, harga ini muncul setelah berdiskusi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait analisis dan survei fasilitas perawatan kesehatan.

“Masalah kita adalah perbedaan harga, tidak seragam. Untuk alasan ini lah dilakukan penetapan harga untuk tes swab dan RT-PCR,” ujar pelaksana tugas Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Abdul Kadir. Dia pun mengatakan jika harga ini akan segera diterapkan melalui surat edaran Menteri Kesehatan yang segera terbit.

Kementerian juga sudah meminta dinas kesehatan daerah untuk memastikan fasilitas kesehatan di tempat masing-masing menerapkan batasan harga tersebut. Pelaksanaan pagu harga ini juga akan mendapatkan pengawasan dari BPKP.

Menurut kementerian, harga tes swab Covid-19 biasanya mencakup biaya tenaga dokter dan personel penguji lainnya, barang habis pakai seperti alat pelindung diri (APD) dan biaya lain seperti pengelolaan limbah.

Meski sudah ada penetapan batasan harga Rp 900 ribu, tetapi bisa jadi ini tidak akan berlaku selamanya. Menurut Abdul, akan dilakukan evaluasi secara berkala dengan mempertimbangkan harga komponen pengujian, pelayanan, dan sumber daya manusia.

Sebelumnya, rapid diagnostic test (RDT) yang menjadi syarat bagi pelaku perjalanan di Indonesia juga telah diberikan batasan harga pada Juli, setelah terjadi ketimpangan harga yang meresahkan masyarakat. Untuk tes yang melihat keberadaan antibodi ini pemerintah telah mematok batasan harga di angka Rp 150 ribu. 

Nah dengan harga tes swab RT-PCR yang lebih terjangkau ini tentu diharapkan agar lebih banyak masyarakat mampu yang dapat mengaksesenya. Berdasar catatan dari Worldometers, Indonesia baru melakukan pengujian swab Covid-19 kepada sekitar 3,6 juta orang per 2 Oktober.

Semakin banyak orang menjalani tes dan diketahui positif, semakin cepat penanganan dilakukan. Entah untuk mencegah terjadinya keparahan penyakit atau untuk menghentikan penyebaran yang lebih luas dengan melakukan pelacakan kontak. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
WHO Siapkan Rapid Tes Covid-19 Bagi Negara Berpenghasilan Rendah dan Menengah

Current Issues
Mitos Soal Tes PCR Covid-19 Ini Harus Segera Kalian Lupakan

Current Issues
Benda Ini Ternyata Bisa Bikin Covid-19 Cepat Menyebar di Rumah Loh