Korea

Grup KPop Mulai Ganti Jam Rilis Comeback, Ada Apa?

Delima Pangaribuan

Posted on October 4th 2020

 
Perilisan lagu atau album baru dari idol group KPop memang selalu diupayakan heboh. Apalagi grup-grup yang namanya udah besar. Fandom mereka biasanya bakal ada project khusus menyambut comeback dalam bentuk streaming atau preorder album demi memuncaki chart.
 
Tapi, seperti diberitakan AllKpop, tampaknya mulai ada pergeseran kebiasaan idol KPop ketika comeback. Mereka mencatat beberapa grup besar mulai mengganti jadwal rilis comeback yang biasanya pukul 18.00 KST (16.00 WIB) menjadi pukul 13.00 KST (11.00 WIB). 
 
Ini bisa kita lihat dari tiga group yang memang baru-baru ini comeback. Ada BTS dengan single Dynamite, SuperM dengan single dan album Super ONE, serta BLACKPINK dengan album perdana mereka THE ALBUM. Semuanya dirilis pukul 13.00 KST atau menyamakan dengan tengah malamnya Amerika Serikat (00.00 EST).

 
Menurut fans, perubahan ini menunjukkan adanya pergantian tren dari yang tadinya Korean-time oriented menjadi American-time oriented. Artinya selain menyasar pasar Amerika, grup-grup ini juga terlihat sudah menyasar audiens secara global. Sehingga merilis pada waktu sesuai jam di Amrik jadi pilihan paling tepat.
 
Selain itu, fans juga menduga grup-grup ini ingin punya spare waktu lebih untuk tercatat dalam situs chart musik. Biasanya kalau rilis pukul 18.00 KST, mereka akan kena freezing chart di jam-jam tertentu. Umumnya malam, beberapa jam setelah mereka rilis. Freezing artinya setiap pemutaran yang dilakukan fans gak akan dihitung sama mesin chart.
 
Nah, kalau lagunya atau albumnya dirilis lebuh cepat lima jam, otomatis mereka juga punya waktu lebih selama lima jam untuk dicatat dalam chart pertama setelah lagunya meluncur. Ini bisa berdampak signifikan buat posisi lagu artis tersebut di tangga lagu.

 
Sebagian melihat tren ini sebagai sesuatu yang positif. Di satu sisi, grup-grup KPop semakin melebarkan sayap di panggung internasional. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa ini mengkhawatirkan. Mereka cemas kalau musik yang dirilis grup KPop nanti lebih cenderung kebarat-baratan dan ciri khas KPop-nya berkurang.
 
Gimana menurut kalian? (*)
Related Articles
Interest
Sepanjang 2019 Fans K-Pop Posting 6 Miliar Tweet: Terbanyak BTS, EXO dan GOT7

Entertainment
Grammy Umumkan Nominasi Bulan Depan, Siapa Saja Artis KPop Potensial?

Korea
Ini Dia 30 Artis KPop yang Masuk Nominasi APAN Music Awards