Tech

Backround di Google Meet Bisa Jadi Blur lho! Ini Caranya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 4th 2020

(Google)

Karena pandemi, mau belajar atau kerja, tiada hari tanpa rapat daring. “Suara saya kedengaran?”, “Share screen saya terlihat?”, dan kalimat khas lain.

Salah satu platform video konferensi yang paling sering digunakan adalah Google Meet. Aplikasi buatan Google ini memang sederhana dan mudah digunakan, nggak heran banyak institusi yang menggunakannya sebagai aplikasi utama.

Selama pakai Google Meet, tahu gak sih kalau sebenarnya kita bisa lho bikin background atau latar di belakang kita jadi blur! Siapa tahu di belakang ada kasur yang berantakan atau dinding penuh poster idola, bisa banget deh ditutupi dengan fitur ini.

Disclaimer: blur backround hanya bisa dilakukan di perangkat tertentu, yaitu yang memiliki prosesor quadcore atau lebih tinggi dan mendukung hyper-threading.

Langkah pertama, kita harus menyalakan “hardware acceleration” di Google Chrome. Buka browser tersebut, klik “Chrome Menu” (titik tiga di pojok kanan atas), lalu pilih Settings.

Selanjutnya, pilih bagian Advanced yang ada di sisi kiri layar dan klik tanda panah ke bawah untuk membuka lebih banyak pengaturan. Setelah itu, pilih System (yang ada gambar wrenchnya).

Pengaturan hardware acceleration

Bakal muncul beberapa pilihan, kita aktifkan yang “use hardware acceleration when available”. Setelah sudah diaktifkan, restart Chrome.

Sekarang, pindah ke Google Meet. Cara memblur backround sebelum kamu masuk ke rapat adalah pilih rapat yang bakal kamu hadiri dulu. Di bagian kanan bawah self-view (penampilan kamu sendiri sebelum masuk) bakal ada pilihan “aktifkan blur latar belakang”. Pastikan sudah blur, baru deh klik “join now”.

Pilihan blur background sebelum masuk ke rapat

Kalau kamu sudah masuk ke rapat dan mau aktifkan fitur ini, bisa kok. Klik titik tiga yang ada di kanan bawah layar, lalu pilih “aktifkan blur latar belakang”. Jadi deh!

Pilihan blur background di dalam rapat

Setelah tadi dicoba, fitur ini lumayan bikin perangkat cepat panas nih. Saat mengaktifkan fitur tersebut kita juga diingatkan kalau bisa aja perangkat kita jadi lebih lambat karena usaha untuk mengaburkan latar belakang kita memang butuh usaha cukup berat. Kalau perlu, matikan fitur ini kalau tidak terpakai jadi program lain bisa berjalan lebih cepat. (*)

Related Articles
Tech
Google Meet Akan Rilis Fitur Breakout Rooms, Kelompok Kecil di Meeting yang Sama

Tech
7 Chrome Extension Untuk Mempermudah Belajar Online Biar Makin Produktif!

Current Issues
Google Larang Karyawannya Pakai Zoom