Current Issues

Vaksin Covid-19 Mungkin Tidak Akan Langsung Menyelesaikan Pandemi Covid-19

Dwiwa

Posted on October 2nd 2020

Ratusan tim peneliti tengah bekerja keras untuk menemukan vaksin untuk melawan virus Corona, dengan 11 diantaranya sudah dalam tahap uji coba. Di Inggris, ada 6 vaksin potensial yang mungkin akan tersedia musim panas tahun depan. Tetapi tampaknya keberadaan vaksin ini nantinya tidak akan serta merta menghentikan penyabaran Covid-19 sendirian.

Dilansir dari The Guardian, laporan dari kelompok muldisiplin yang diadalan oleh Royal Society, yang disebut dengan Data Evaluation and Learning for Viral Epidemics (Delve), mengatakan jika ada tantangan serius dalam memproduksi vaksin, termasuk rintangan dalam pembuatan dan penyimpanan, seberapa efektif vaksin bekerja, dan masalah tentang kepercayaan publik.

Prof Nilay Shah, kepala departemen teknik kimia di Imperial College London yang juga penulis laporan tersebut, mengatakan ketika vaksin tersedia, pertanyaanya adalah apakah iu terbukti efektif dan berhasil melewati proses regulasi.

“Bahkan jika kita bisa melewati itu dan bahan tersedia dan vaksin di mulai pada musim panas, ini akan butuh waktu lama untuk bisa bekerja pada kelompok prioritas awal dan kemudian ke populasi yang lebih luas di kemudian hari,” ujarnya dan menambahkan ini mungkin butuh waktu hingga satu tahun.

Prof Charles Bangham, kepala imunologi di Imperial College London yang juga salah satu penulis tersebut, juga memperingatkan jika ketersediaan vaksin tidak serta merta membuat hidup langsung kembali normal.

“Sekalipun efektif, sangat kecil kemungkinannya kita dapat kembali normal sepenuhnya. Akan ada skala yang bergeser bahkan setelah vaksin diperkenalkan dan kita tahu itu efektif. Kami harus secara bertahap melonggarkan beberapa intervensi lainnya,” ujarnya.

Bangham mengatakan beberapa vaksin benar-benar menghentikan infeksi, tetapi mereka bisa mengurangi tingkat keparahan dan kesempatan untuk menularkannya. Meski begitu, dalam kasus baksin yang dikembangkan untuk melawan Covid, masih banyak pertanyaan tersisa.

Kekhawatiran telah dikemukanan bahwa baksin untuk Covid mungkin kurang efektif pada orang yang lebih tua dibanding kelompok lain, masalah potensial jika persediaan terbatas dan vaksinasi harus diprioritaskan pada mereka yang paling berisiko terinfeksi.

Tim tersebut mengatakan kebijakan vaksinasi secara luas dalam upaya untuk menghasilkan herd immunity juga dapat mengalami kesulitan potensial, terutama jika vaksin tersebut memiliki efektivitas yang terbatas. Dan untuk program imunisasi massal, ada kendala produksi dan pasokan yang harus diatasi.

Di Inggris, program vaksinansi juga harus dilakukan 10 kali lebih cepat dari vaksinasi flu musiman. “Itu akan membutuhkan ribuan pekerja medis, orang-orang yang dilatih ulang, didedikasikan hanya untuk memberikan vaksinasi,” ujarnya.

Kepercayaan publik dalam vaksinasi juga bisa memberikan tantangan lain. “Pada saat vaksin pertama dirilis, kami perlu melakukan yang terbaik untuk menghilangkan mitos seputar vaksinasi dan meyakinkan individu dan keluarga mereka bahwa ini aman, telah diuji secara benar dan tidak ada proses yang dihilangkan terkait keselamatannya,”ujar dokter Zania Stamataki, seorang peneliti imunologi virus di Universitas Birmingham.

Departemen kesehatan dan perawatan sosial Inggris pun memberikan tanggapan terkait laporan DELVE. “Studi ini gagal untuk mencerminkan sejumlah besar perencanaan dan persiapan yang telah dilakukan di seluruh pemerintah untuk segera meluncurkan vaksin Covid-19 yang aman dan efektif,” jelas mereka.

Selain itu, disebutkan juga jika sudah ada rencana signifikan memperluas tenaga kerja terlatih yang dapat mengelola vaksin Covid-19 dan flu, sehingga mempercepat dan mempermudah pasien untu mengakses vaksin yang dibutuhkan.

“Kami juga yakin memiliki penyediaan atau transportasi yang memadai, APD dan keahlian logistik untuk menyebarkan vaksin Covid-19 ke seluruh negeri secepat mungkin,” lanjutnya. (*)

Related Articles
Current Issues
Vaksin Covid-19 Eksperimental Tiongkok Lolos Uji Klinis Tahap Awal

Current Issues
Meski Ada Vaksin Covid-19, Kehidupan Diperkirakan Baru Akan Normal Pada 2022

Current Issues
Vaksin Jadi Angin Segar Penerbangan Internasional, Tetapi Bukan Segalanya