Interest

Ini 12 Mantra Harry Potter yang Ternyata Berasal dari Bahasa Latin

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 1st 2020

(Warner Bros Pictures)

Buat para Potterhead, mantra-mantra di dunia Harry Potter pasti jadi keseruan tersendiri deh buat dipelajari. Kata-katanya yang aneh tapi terkesan keren ini sebenarnya banyak mengambil dari dunia muggle lho.

JK Rowling, penulis serial buku tersebut memang mengambil beberapa kata bahasa Latin untuk mantra-mantra ini, tapi dimodifikasi gitu deh. Dilansir dari Insider, ada beberapa mantra yang asal kata aslinya terbongkar dan mindblown banget nih. Mau tahu apa aja? Yuk simak!

1. Accio – mantra panggil

Dalam bahasa Latin terdapat kata “accersere” yang berarti memanggil atau mengambil. Diubah sedikit, jadi deh “Accio!”.

2. Confundo – mantra untuk bikin bingung lawan

Ini gampang ditebak deh. Dalam bahasa Latin, awalan “con-” berarti bersama dan akhiran “-fundo” berarti menuang. Kalau disatukan artinya mirip seperti “bercampur” dan secara kiasan bermakna “membingungkan”.

Lebih gampangnya sih, “confundo” sudah mirip dengan kata “confuse” yang artinya membingungkan.

3. Crucio – bikin sakit yang tak tertahankan

Dalam bahasa Latin, ada kata “cruciare” yang berarti menyalibkan atau menyiksa. Jelas dong? Ini masuk ke dalam deretan mantra tak termaafkan lho, jadi jangan main-main deh.

4. Imperio – mantra pengontrol tubuh

Masih dari deretan mantra tak termaafkan, kali ini mantra yang  bisa bikin target melakukan apa yang kita mau. Bahasa Latin dari kekuatan adalah “imperium” dan “impero” berarti aku memerintahkan. Jadi, mantra Imperio adalah campuran dari dua kata itu deh.

5. Diffindo – mantra pemisah

Harry Potter sempat menggunakan mantra ini untuk membelah bookbag Cedric Diggory biar dia bisa bicara tentang tantangan pertama di turnamen Triwizard. Arti kata “diffindo” memang membelah jadi dua sih.

6. Lumos – mantra untuk membuat penerangan

(Warner Bros Pictures)

Lumen” berarti terang dalam bahasa Latin. Jadi deh, “Lumos!” Nama panti asuhan yang JK Rowling dirikan juga sama dengan mantra ini lho.

7. Nox – kebalikan dari Lumos

Nox” berarti malam dalam bahasa Latin. Jadi, mantra ini berfungsi untuk menghilangkan semua cahaya yang ada, seperti suasana malam yang gelap.

8. Expelliarmus – melucuti senjata lawan

Ada dua kata yang mendasari mantra ini. Kata Latin “expellere” yang berarti melucuti dan kata “arma” yang berarti senjata. Barengan, jadi deh artinya melucuti senjata.

8. Sectumsempra – serangan serupa tebasan pedang

Lagi-lagi percampuran dari dua kata. “Sectum” artinya memotong dan “sempra” artinya selalu atau konstan. Efek mantra ini memang serangan luka terbuka secara terus menerus dan hanya bisa dihentikan dengan mantra anti.

9. Avis – mantra yang memunculkan kumpulan burung

Avis” memang berarti burung dalam bahasa Latin. Hermione sempat menggunakan mantra ini ketika marah dengan Ron, jadi deh sekumpulan burung mematuki kepala si Weasley satu itu.

10. Wingardium Leviosa – mantra menerbangkan sesuatu

"It's levi-OH-sa, not levio-SAH." (Warner Bros Pictures)

Khusus yang ini sepertinya banyak pengaruh kata. “Wing” menggambarkan sesuatu yang bisa terbang tapi bukan bahasa Latin. Kata “ard” kemungkinan berasal dari kata Latin yaitu “arduus” yang berarti diangkat. Lalu “levi” berarti mengangkat.

11. Homenum Revelio – mantra untuk menemukan manusia yang bersembunyi

Homo” berarti manusia dalam bahasa Latin dan “revelare” berarti “menemukan”. Kalau disatukan, secara harfiah berarti menemukan manusia gitu deh.

12. Prior Incantato

A priori” adalah kata Latin yang berarti dari yang sebelumnya. Mantra ini akan memunculkan mantra terakhir yang dibuat sebuah tongkat sihir. Ada juga kata “incantare” yang berarti menyanyikan atau membacakan. Kalau disatukan, maknanya jadi melakukan yang sebelumnya.

Nah, kalian sudah hafal yang mana aja nih? (*)

Artikel Terkait
Interest
Kamu Potterhead yang Hobi Make-Up? Pasti Pengen Borong Produk Ini Nih

Entertainment
Daniel Radcliffe Merasa ‘Malu Banget‘ sama Akting Awalnya Sebagai Harry Potter

Entertainment
Tom Felton Sebut Hubungannya dengan Emma Watson Mirip Slytherin/Gryffindor